Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

DirectStorage untuk Meningkatkan Performa Game!

Windows DirectStorage sejatinya adalah fitur untuk gaming teranyar yang akan disematkan pada versi Windows 11 mendatang. Walaupun begitu, pengguna Windows 10 juga dapat mencicipi fitur anyar ini asalkan sudah melakukan ugprade versi minimal sampai ke build 1909. 

Windows DirectStorage

Untuk memastikan versi Windows 10 Anda, cobalah jalankan aplikasi "winver". Pada dialog yang muncul sesudah winver dijalankan, Anda dapat melihat versi OS Build pada Windows 10 yang digunakan. Sebagai contoh, komputer yang sedang saya gunakan memiliki versi build yang jauh lebih tinggi yaitu 19042. Dengan demikian, komputer saya dapat menjajal fitur DirectStorage tersebut.  


Windows 10 Version

Apakah itu Fitur DirectStorage?

Seperti tersirat dalam namanya, fitur ini memungkinkan transfer data secara langsung (direct) dari tempat penyimpanan data (data storage) menuju GPU (graphics processing unit) tanpa perlu melalui CPU (central processing unit). Dengan mem-bypass CPU, proses transfer data akan berlangsung lebih cepat dan akan meningkatkan kinerja game yang sedang dimainkan - termasuk didalamnya mengurangi lagging/delay

Apakah Minimum Windows 10 Build 1909 Satu-satunya Syarat?

Tentu saja tidak. Dengan atau tanpa DirectStorage, Anda akan memerlukan GPU dengan kinerja tinggi. Khusus untuk DirectStorage, Microsoft menetapkan persyaratan minimum untuk GPU yang digunakan yaitu: GPU yang kompatibel dengan DirectX12 Ultimate. Beberapa contoh GPU yang kompatibel dengan persyaratan tersebut adalah: RTX 2000 atau RTX 3000 dari Nvidia atau RDNA2 untuk pengguna AMD.

Dengan memiliki fasilitas pemrosesan grafik (GPU) yang berkinerja tinggi, selanjutnya kita perlu memastikan kecepatan asupan data untuk GPU tersebut. Untuk bisa menjalankan DirectStorage, Anda akan memerlukan SSD dengan NVM Express Controller (NVMe SSD). Dengan demikian, standard SSD SATA saja tidak cukup. Anda harus memastikan bahwa SSD yang digunakan adalah NVMe SSD. Rekomendasi kapasitas yang memadai untuk keperluan DirectStorage adalah minimal 1TB NVMe SSD.

Baca Juga: Perbandingan Performa HDD vs SSD SATA vs NVMe SSD 

Apakah Performa DirectStorage pada Windows 10 beda dengan Windows 11?

Tentu saja demikian. DirectStorage akan bekerja lebih cepat pada Windows 11 daripada Windows 10. Hal ini disebabkan karena perbedaan desain pada perbedaan cara penyusunan dan akses data pada Windows 11 apabila dibandingkan dengan Windows 10. Selain itu, perlu diingat lagi bahwa DirectStorage sejak awal dirancang untuk Windows 11.

Kapan Fitur ini Tersedia? 

Fitur ini pada dasarnya adalah sebuah API (Application Programming Interface). Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda harus memastikan game yang akan Anda mainkan dibuat dengan menggunakan API tersebut. 

Dengan demikian, hanya game-game baru atau yang senantiasa diupdate saja yang sudah menggunakan DirectStorage API dalam pembuatannya. Dengan kata lain, fasilitas DirectStorage ini tidak akan berpengaruh pada game-game lama yang belum memanfaatkan DirectStorage API. 

Walaupun begitu, bisa dipastikan bahwa developer game akan berlomba-lomba menggunakan API teranyar ini agar kinerja game yang mereka buat akan kelihatan semakin baik dimata pengguna. Kita tunggu saja!

Selanjutnya Bagaimana?

Apabila Anda sudah tidak sabar untuk menjajal fitur ini pada Windows 10 Anda, pastikan bahwa persyaratan minimum untuk menjalankan DirectStorage sudah Anda miliki: 
  • Windows 10 Build 1909 atau lebih tinggi, 
  • GPU yang kompatibel dengan DirectX12 Ultimate,
  • NVMe SSD dengan kapasitas 1TB,
  • Game ter-update yang sudah memanfaatkan DirectStorage API. 
Selamat bermain Game! Jangan lupa berdoa, belajar, bekerja, dan bersosialisasi!

Sumber: dari berbagai sumber di Internet

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi