Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Mengapa Saya Harus Upgrade ke Windows 11?

Mengapa saya harus upgrade ke Windows 11?
Microsoft Windows 11


Pengguna Windows 10 saat ini mungkin bertanya-tanya, mengapa saya harus upgrade ke Windows 11? Apa bedanya Windows 11 dengan Windows 10? Kapan saya bisa beralih ke Windows 11? Apakah upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 sudah tersedia? Apakah saya bisa upgrade ke Windows 11 secara gratis? Apakah perangkat saya bisa digunakan untuk Windows 11? 

Sebagian besar pertanyaan tersebut sudah dijawab dalam website Microsoft mengenai Windows 11. Dalam artikel ini, saya akan mencoba membantu untuk menjawab sebagian dari pertanyaan-pertanyaan di atas dengan berdasarkan informasi dari website tersebut dan juga website-website lainnya di Internet. 

Mengapa Saya harus Upgrade ke Windows 11?

Seperti halnya saya, Anda mungkin sudah sangat terbiasa dengan Windows 10 dan sudah bisa menerima kekurangan dan kelebihannya sehingga enggan pindah ke lain Windows. Barangkali juga Anda khawatir bahwa rilis Windows 11 ini akan membuat perangkat menjadi lemot dan sulit digunakan sehingga mau tidak mau Anda harus mempertimbangkan upgrade perangkat karena hanya ingin upgrade sistem operasi.  

Terlepas dari semua kekhawatiran itu, cepat atau lambat, Anda harus mempertimbangkan untuk beralih ke Windows 11. Pasalnya, kemunculan Windows 11 biasanya akan disusul dengan pengumuman bahwa Windows yang lebih lama tidak akan disupport lagi. Satu per satu aplikasi kesayangan Anda tidak lagi bisa jalan di OS tersebut dan perangkat Anda tidak dijamin lagi keamanan dan integritasnya karena Microsoft sudah tidak merilis security patches dan sejenisnya. Tentu saja Anda tidak perlu khawatir hal itu akan terjadi dalam waktu dekat, seperti halnya dengan seri-seri Windows terdahulu, Microsoft masih mensupport OS tersebut cukup lama. Lebih lama dari umur perangkat/hardware Anda.

Lantas apa yang membuat Anda perlu mempertimbangkan untuk upgrade ke Windows 11? 

Tampilan Baru yang lebih Segar! (Fresher look!)  

Tampilan baru yang lebih segar ini diharapkan akan membuat produktivitas Anda meningkat. Harus diakui bahwa bekerja 8-9 jam sepanjang hari dengan tampilan yang sama selama bertahun-tahun mungkin sudah sangat membosankan. Tampilan Windows 11 yang lebih fresh barangkali akan dapat meningkatkan produktivitas, kualitas, dan kreativitas Anda dalam bekerja dan belajar. 

Windows 11 Fresher Look!
Fresher Look!

Tampilan ini juga barangkali akan terasa lebih cocok untuk angkatan muda, kaum milenial, yang mulai masuk dalam dunia kerja. Seperti halnya angkatan terdahulu yang menganggap pendahulunya yang masih membawa buku/catatan tertulis ke dalam rapat sebagai "jadul" barangkali kelak angkatan yang lebih muda akan menganggap pengguna Windows 11 sama jadulnya dengan mereka.

Cara baru untuk terhubung! (new ways to connect!) 

Mengutip dari laman Microsoft mengenai Windows11
Connect instantly to the people you care about right from your desktop with Microsoft Teams. Call or chat for free—no matter what device they’re on
Pandemi Covid-19 membawa era baru dalam berkomunikasi dan berkolaborasi antar rekan kerja maupun teman sekolah. Popularitas Zoom yang sangat diandalkan baik dalam dunia kerja maupun pendidikan tidak dapat dipungkiri meningkat sangat tajam justru dalam era pandemi ini. Tidak ketinggalan juga Google Meet dan aplikasi sejenis lainnya.

Sayangnya, Microsoft sepertinya tidak terlalu mendapat peran banyak dalam persaingan tersebut. Walaupun, tidak dapat dipungkiri juga bahwa Microsoft adalah pionir dalam pengembangan aplikasi kolaborasi. Barangkali Anda pernah ingat menggunakan MSN messenger, Microsoft Lync, dan belakangan sempat berkolaborasi juga dengan Skype. Microsoft Teams tampaknya lebih banyak digunakan di korporasi dan belum menyentuh banyak user yang menggunakan komputer pribadi.


Microsoft Teams
Microsoft Teams

Kemunculan Windows 11 ini tampaknya adalah upaya "revenge" alias balas dendam untuk merebut kembali pangsa pasar aplikasi conferencing yang terlanjur didominasi oleh pihak lain. Pada dasarnya, Microsoft Teams bukan hanya menekankan aspek video/audio conferencing dalam aplikasinya tetapi juga integrasi dengan aplikasi lainnya seperti Office dan juga tools kolaborasi lain seperti Microsoft Sharepoint. Dengan menggunakan Microsoft Teams, Anda tidak perlu memiliki solusi yang berbeda-beda untuk Webconferencing, document sharing, email, calendar dll.; semuanya bisa Anda integrasikan lewat Microsoft Teams.  

Kemudahan untuk Kustomisasi Tampilan Layar Anda 

Dalam beberapa update terkini Windows 10, barangkali Anda perhatikan bahwa Microsoft memberikan widget baru yang berisi berita-berita terkini dan informasi pilihan Anda seperti ramalan cuaca dan kondisi bursa saham maupun valas. Dalam Windows 11, Microsoft memberikan Anda kemudahan untuk menampilkan hanya informasi yang Anda perlukan termasuk pilihan topik berita, ramalan cuaca, kondisi bursa, bahkan sampai agenda atau reminder Anda sepanjang hari ini sampai beberapa hari ke depan.

Your content, curated by you!
Your content, curated by you!

Seperti halnya saya, barangkali Anda termasuk yang lebih menyukai tampilan yang kosong dan bersih dari kemunculan informasi yang seringkali mengganggu konsentrasi. Pilihan untuk mempunyai tampilan kosong tentunya dapat tetap dilakukan. Walaupun begitu, Anda mungkin akan kehilangan kesempatan untuk stay up to date! 

Barangkali saya dan Anda harus mulai belajar untuk bisa bekerja dan belajar dengan fokus tanpa kehilangan momen mendapat informasi yang mungkin sangat penting untuk pekerjaan maupun aktivitas Anda. Kuncinya adalah kustomisasi/pemilihan informasi yang tepat. Windows 11 siap membantu Anda untuk menyajikan informasi yang tepat untuk Anda. 

Performa dan Pilihan Games!

All work and no play makes Jack a dull boy! Anda mungkin pernah mendengar peribahasa tersebut. Intinya, di sela-sela kesibukan, Anda harus menyempatkan diri untuk refreshing agar tetap bersemangat dalam bekerja/belajar. 

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan bermain games! Tentunya Anda harus memilih waktu yang tepat untuk bermain games agar tidak ditegur oleh atasan maupun guru Anda. Selain itu, batasi juga waktu untuk bermain games agar tidak ada pekerjaan atau tugas yang tertunda. 

Performan dan Pilihan games Windows 11
Playtime, anytime!

Windows 11 menyediakan berbagai macam pilihan games baik gratis maupun berbayar yang dapat diakses melalui Microsoft Store. Selain itu, kabarnya, Windows 11 juga akan menghadirkan platform yang akan memberikan performa/kinerja terbaik untuk game-game pilihan Anda dengan fitur DirectStorage yang memungkinkan data dari NVMe SSD dikirimkan langsung ke GPU tanpa melalui CPU. 

Baca juga: Direct Storage untuk Meningkatkan Performa Game


Kapan Windows 11 Rilis?

Kabarnya Windows 11 akan dirilis pada tanggal 5 Oktober 2021 mendatang. Hanya saja, pengguna Windows 10 mungkin harus bersabar sampai awal tahun 2022 untuk memperoleh upgrade ke Windows 11, seperti dijelaskan dalam artikel Windows 11 pada laman Microsoft.

If your existing Windows 10 PC is running the most current version of Windows 10 and meets the minimum hardware specifications it will be able to upgrade to Windows 11. The upgrade rollout plan is still being finalized, but for most devices already in use today, we expect it to be ready sometime in early 2022. Not all Windows 10 PCs that are eligible to upgrade to Windows 11 will be offered to upgrade at the same time. To see if your PC is eligible to upgrade, download and run the PC Health Check app. Once the upgrade rollout has started, you can check if it is ready for your device by going to Settings/Windows Updates.
Mudah-mudahan informasi ini cukup bermanfaat dan khususnya untuk pengguna Windows 10 dapat sabar menunggu hingga awal 2022 untuk memperoleh upgrade ke Windows 11.

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi