Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Toyota All New Raize Turbo

Tipe-tipe Toyota All New Raize
Pilihan Tipe-tipe All New Raize

Untuk melengkapi artikel terdahulu mengenai tipe-tipe mesin Toyota All New Raize, kali ini kami akan membahas mengenai alternatif pilihan tipe Toyota All New Raize versi Turbo yang dirilis oleh Toyota Astra Motor Indonesia.

Seperti dibahas dalam artikel terdahulu, Toyota All New Raize memiliki dua pilihan mesin, yaitu tipe Turbo dengan mesin 1KR-VET (998 cc) dan tipe Natural Aspiration (non-Turbo) yang membopong mesin WA-VE (1198 cc). Tidak berhenti di situ saja, Toyota membuat hingga delapan (8) varian Raize Turbo dan dua (2) varian Raize konvensional (NA) berdasarkan fitur & asesoris yang disematkan.


Spesifikasi Standar All New Raize

Walaupun dibuat hingga sepuluh (10) varian, seluruh tipe Raize memiliki beberapa spesifikasi yang sama seperti dijelaskan sebagai berikut: 
  • Kapasitas tangki BBM: 36 Liter 
  • Bahan bakar: Gasoline/bensin
  • Sistem injeksi bahan bakar: EFI  
  • Sistem suspensi depan: MacPherson Strut
  • Sistem suspensi belakang: Torsion-Beam
  • Sistem rem depan: 15' ventilated disc brake 
  • Sistem rem belakang: leading - trailing drum brake 
  • Steering gear: Rack & Pinion, Electric Power Steering
  • Ground clearance 200mm,
  • Airbag Driver/Passenger (D/P), kecuali tipe GR SPORT TSS yang dilengkapi dengan airbag pada Driver/Passenger/Side/Curtain - nyaris di seluruh sisi kabin.
Selain itu, seluruh varian Raize dibekali dengan beberapa fitur dan asesoris yang standar: 
  • Anti-lock braking system (ABS), 
  • Vehicle Stability Control (VSC),
  • Hill Start Assist (HSA),
  • Seatbelt Warning,
  • Alarm + Immobilizer,
  • Rear parking sensor (2 sensor),
  • Rear parking camera. 
  • Airbag Driver/Passenger (D/P) untuk varian 1.0T G dan GR SPORT, sementara GR SPORT TSS memiliki Airbag untuk Driver/Passenger/Side/Curtain (D/P/S/C).
Beberapa fitur yang menjadi pembeda varian pada mobil-mobil keluaran Toyota di masa lalu, pada saat ini, sudah menjadi fitur standar pada seluruh tipe Raize, misalnya: ABS, VSC, HSA, dan Rear Parking Camera. 

Toyota All New Raize Turbo

Generasi pertama Toyota Raize ini dibekali dengan mesin 1KR-VET, 3 cylinder segaris, dengan kapasitas 998 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 98 PS pada 6000 rpm dan torsi maksimum hingga 14.3 kgm (140 Nm) pada 2400-4000 rpm. Sistem turbo yang dimiliki dipadu dengan gear ratio yang mumpuni membuat Toyota Raize Turbo memiliki torsi setara mobil-mobil dengan kapasitas silinder 1500cc. All New Raize Turbo dijual dengan beberapa pilihan sub-varian seperti dijelaskan di bawah.

Selain itu, dari sisi ukuran ban, seluruh All New Raize Turbo dilengkapi dengan ban dengan ukuran 205/60/R17. Hal ini menjadi salah satu pembeda utama dengan versi non-Turbo Raize yang menggunakan diameter ban yang lebih kecil yaitu 205/65/R16.

Raize 1.0T G M/T One Tone & Raize 1.0T G M/T Two Tone

Seperti produk Toyota lainnya, Tipe G M/T adalah tipe standar dari produk Raize Turbo dengan transmisi manual lima (5) percepatan dan satu gigi mundur (reverse). Produk ini cocok untuk Anda yang ingin mengendalikan sendiri semburan daya mesin Turbo tanpa dicampuri oleh sistem transmisi otomatis CVT. 

Selain itu, Raize 1.0 Turbo G M/T masih dibedakan lagi berdasarkan warna yang dikeluarkan.Tipe dengan pewarnaan two tone dijual dengan harga lebih mahal sekitar 2.3-2.5 juta rupiah dari tipe dengan pewarnaan one tone.

Raize 1.0T G CVT One Tone & Raize 1.0T CVT Two Tone

Bagi Anda yang tidak bisa menggunakan mobil dengan transmisi manual (atau sudah tidak terbiasa lagi menggunakannya), tipe CVT Raize 1.0T G dapat menjadi pilihan. Walaupun memiliki transmisi otomatis, Raize (seperti halnya mobil dengan CVT lainnya) dapat dipaksa untuk berpindah gigi seperti halnya mobil manual dalam kondisi tertentu, misalnya ketika harus menyusul kendaraan di jalan menanjak. Perpindahan gigi ala manual ini dapat dilakukan dengan tuas transmisi atau paddle shift pada tipe GR Sport.

Seperti dikutip dari Wikipedia, Continuously Variable Transmission (CVT) pada dasarnya adalah sistem transmisi otomatis yang memungkinkan perpindahan gigi secara mulus.   
A continuously variable transmission is an automatic transmission that can change seamlessly through a continuous range of gear ratios. This contrasts with other transmissions that provide a limited number of gear ratios in fixed steps

Illustrasi CVT (Wikipedia)


Seperti ditunjukkan dalam illustrasi di atas, CVT tidak menggunakan gigi gerigi yang bertakik-takik yang mengakibatkan perpindahan transmisi sistem A/T (Automatic Transmission) generasi awal terasa kurang mulus. Walaupun begitu, pada versi teranyar A/T, gangguan tersebut sudah tidak lagi dirasakan sehingga pembeda CVT dan A/T kadang hanya dilihat dari tersedianya paddle shift untuk "memaksa" sistem transmisi otomatsi bekerja seperti halnya sistem transmisi manual. 

Raize 1.0T GR SPORT  CVT One Tone & Two Tone

Seluruh Raize GR SPORT menggunakan sistem transmisi CVT. Dengan demikian, Anda tidak dapat membeli Raize GR SPORT dengan sistem transmisi manual. Selain itu, salah satu pembeda utama GR SPORT dengan 1.0T G CVT adalah paddle shift yang terletak pada roda kemudi sehingga memungkinkan Anda melakukan perpindahan gigi ala manual tanpa harus menengok ke tuas transmisi.

Raize GR SPORT juga dilengkapi dengan perceptive auto headlight yang akan melakukan penyesuaian secara otomatis kekuatan cahaya lampu depan (headlight) sesuai dengan tingkat pencahayaan di luar mobil. 

Untuk memberikan kesan sporty, pada varian GR SPORT, Toyota menyematkan juga asesoris berupa cover kemudi yang terbuat dari kulit dan kombinasi antara fabric dan kulit untuk cover tempat duduk (fabric & leather combi seat).

Raize 1.0T GR SPORT CVT TSS One Tone & Two Tone

Raize GR SPORT TSS adalah tipe paling high-end dari keluarga Raize Turbo. Pada fitur ini, Toyota menyematkan sejumlah fitur keselamatan yang tidak ada pada varian lainnya, termasuk pada varian non-Turbo. Fitur-fitur keselamatan tersebutlah yang membuat varian tercanggih ini memiliki embel-embel TSS alias Toyota Safety Sense

Berikut ini adalah beberapa fitur TSS yang tidak tersedia pada varian Raize lainnya: 
  • Lane Departure Assist with Steering Control,
  • Pedal Misoperation Control,
  • Pre Collision System,
  • Adaptive Cruise Control, 
  • Front Departure Alert, 
  • 6 Airbag D/P/S/C,
  • Rear Cross Traffic Alert (RCTA) Blind Spot Monitor (BSM).
Apakah fungsi masing-masing fitur TSS tersebut, simak artikel selanjutnya dari rangkaian artikel mengenai Toyota All New Raize.

Semoga bermanfaat!

Sumber: 

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi