Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Tipe Mesin Toyota All New Raize

Toyota All New Raize
Toyota All New Raize


Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil baru? Toyota All  New Raize barangkali dapat menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Produk besutan Toyota ini memiliki beberapa varian sesuai dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki.

Dari tipe mesinnya, terdapat dua varian All New Raize:
  • Mesin 1KR-VET 998 cc  (Turbo)
  • Mesin WA-VE 1198 cc (Natural Aspiration/NA)


All New Raize dengan Mesin 1KR-VET (TURBO)

Varian ini adalah varian pertama yang muncul dari Toyota Raize sekaligus juga varian terfavorit untuk saat ini. Walaupun "hanya" memiliki isi silinder sebesar 998 cc, tetapi mesin 1KR-VET sudah dilengkapi Turbo yang mampu melejitkan daya hingga 98 PS pada 6000 rpm dan torsi 14.3 kgm (140 Nm) pada 2400-4000 rpm. 

Sebagai perbandingan, Toyota Avanza dengan isi silinder 1496 cc memiliki daya maksimal 104 PS pada 6000 rpm dan torsi maksimum 13.9 kgm pada 4200 rpm. Walaupun torsi ditentukan juga oleh rasio gigi, tetapi torsi sebesar 14.3 kgm akan mampu membuat All New Raize berakselerasi secara lincah di jalan-jalan perkotaan yang ramai dimana laju kendaraan sering terhenti karena macet atau lampu merah (stop & go). 

Spesifikasi lengkap mesin 1KR-VET adalah sebagai berikut: 
  • Tipe mesin: 3 cylinder turbo, in-line, 12 valve DOHC with VVT-i.
  • Diameter x Langkah: 71mm x 83.9mm 
  • Isi silinder: 998 cc 
  • Rasio kompresi: 9.5:1 
  • Daya maksimum: 98 PS/6000 rpm 
  • Torsi maksimum: 14.3/2400-4000 rpm
  • Kapasitas tangki bensin: 36 liter 
  • Bahan bakar: Gasoline/bensin
  • Sistem bahan bakar: Sistem injeksi elektronik (Electronic Fuel Injection/EFI).
Prinsip dan cara kerja turbo dapat dilihat dalam illustrasi berikut ini atau dengan mengunjungi website Toyota melalui tautan ini


All New Raize dengan Mesin WA-VE (Natural Aspiration/NA)

Varian All New Raize dengan mesin WA-VE adalah varian yang semula akan diluncurkan pada semester kedua tahun 2021, tetapi karena animo masyarakat yang tinggi akan produk Raize yang lebih terjangkau, akhirnya Toyota Astra Motor Indonesia meluncurkan varian ini pada akhir Juni 2021 (17 Juni 2021) yang lalu. 

Berbeda dengan 1KR-VET, varian ini tidak dilengkapi dengan Turbo. Seperti mobil-mobil pada umumnya, WA-VE memiliki natural aspiration, artinya asupan udara untuk ruang bakar akan mengalir secara normal tanpa bantuan sistem turbo. 

Tanpa bantuan sistem Turbo, tenaga WA-VE tentunya akan kalah jauh dari pendahulunya (1KR-VET). Agar tidak terlalu kalah dari pendahulunya, WA-VE dibekali dengan isi silinder hingga 1198 cc. Dengan isi silinder 1198 cc dan natural aspiration, daya dan torsi maksimum WA-VE mencapai 88 PS/6000 rpm dan 11.5 kgm (112.7 Nm)/4500 rpm. 

Daya dan torsi tersebut tentunya tidak sebesar All New Raize varian Turbo. Walaupun begitu, torsi sebesar 11.5 kgm masih cukup nyaman untuk memberikan akselerasi ketika melaju di jalan-jalan perkotaan. Sebagai perbandingan, daya dan torsi Avanza seri 1.3 (1329 cc) adalah 96.5 PS/6000 rpm dan 12.3 kgm/4200 rpm. 

 

Bagaimana dengan Harganya?

Walaupun dengan isi silinder yang lebih kecil, All New Raize dengan mesin 1KR-VET dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari adiknya yang dibekali dengan mesin WA-VE. Sebagai illustrasi, All New Raize 1.0T (Turbo) G CVT dibandrol dengan harga sekitar Rp 233 juta (OTR) sementara varian sejenis dengan mesin WA-VE 1.2 G CVT dibandrol dengan harga sekitar Rp 216 juta (OTR). 

(Catatan: daftar harga OTR tergantung pada daerah dimana mobil tersebut kelak akan digunakan, hubungi dealer Toyota terdekat untuk mengetahui harga terkini berbagai varian All New Raize).   

Apakah dengan demikian sistem "Turbo" berharga lebih dari Rp 17 juta (dihitung dari selisih harga kedua varian dan mempertimbangkan ukuran silinder yang berbeda). Sayangnya kita tidak bisa menghitung dengan cara mengurangkan harganya begitu saja. Selain dari jenis mesin, Toyota menyematkan beberapa fitur lain pada versi Turbo yang lebih tinggi daripada varian non-Turbonya. 

Sebagai contoh: 
  • Varian Turbo memiliki ukuran ban 205/60R17 sementara varian non-Turbo memiliki ukuran ban yang lebih kecil yaitu 205/65R16. 
  • Ukuran LCD pada head unit varian Turbo adalah 9" sementara pada varian non-Turbo hanya 8". 
Dengan demikian, pembeda harga antara varian Turbo dan non-Turbo tidak dapat dilihat dari harga sistem Turbo nya saja, tetapi juga termasuk seluruh asesori dan garansi yang diberikan oleh Toyota selama lima tahun. 

Semoga artikel ini bermanfaat! 

Sumber: 

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi