Selamat Hari Raya Idul Adha 1445H
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445H
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

HP 2 Juta-an Xiaomi Redmi 9T

HP 2 Juta-an Xiaomi Redmi 9T
Xiaomi Redmi 9T


Masih di seputar smartphone dengan harga Rp 2 juta-an. Xiaomi Redmi 9T hadir dengan chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm). Produk ini bisa juga menjadi alternatif pilihan selain Xiaomi Redmi 10 yang pernah dibahas di dalam blog ini. 

Smartphone yang dirilis pada bulan Januari 2021 yang lalu, hadir dengan sejumlah fitur yang tidak kalah dengan Xiaomi Redmi 10  yang muncul belakangan (Agustus 2021).

Quad Camera 

Seperti halnya Redmi 10, bagian belakang Redmi 9T dilengkapi dengan quad camera dengan spesifikasi sebagai berikut: 
  • Kamera utama dengan resolusi 48 Mega Pixels (MP),
  • Kamera ultra wide dengan resolusi 8MP,
  • Kamera makro dengan resolusi 2MP,
  • Kamera sensor depth dengan resolusi 2MP
Dari spesifikasi di atas, terlihat bahwa spesifikasi kamera utama Redmi 9T sedikit di bawah Redmi 10. Pada Redmi 10, resolusi kamera utama mencapai 50 MP sementara resolusi kamera utama Redmi 9T adalah 48 MP. Walaupun begitu, resolusi kamera ultra wide, makro, dan sensor depth pada Redmi 9T sama dengan Redmi 10.

Fungsi dari masing-masing kamera tersebut dapat dibaca pada artikel lain dalam blog ini tentang fungsi quad camera pada kamera Samsung.Walaupun dari merk yang berbeda, pada dasarnya fungsi masing-masing kamera dalam konfigurasi quad pada Samsung dan Xiaomi tidak berbeda.

Di bagian depan, Xiaomi menyematkan kamera dengan resolusi 8 MP untuk keperluan selfie. Seperti halnya kamera di bagian belakang, kamera di bagian depan ini dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas 1080p dengan 30 fps.

Walaupun spesifikasi seluruh kamera memiliki kemiripan dengan Redmi 10, Redmi 9T nampaknya tidak dilengkapi dengan kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI). Seperti dijelaskan dalam artikel Xiaomi Redmi 10, fitur AI dapat meningkatkan kualitas foto yang diambil oleh kamera dengan cara memperbaiki. menghilangkan noise, mempertajam gambar yang buram, memperbaiki pencahayaan, dan lain sebagainya.

Display

Ukuran display Redmi 9T adalah 6.53", terpaut 0.03" dari Redmi 10 yang barangkali tidak akan membuat terlalu banyak perbedaan. Resolusi Redmi 9T  adalah 1080 x 2340 pixels, lagi-lagi sedikit di bawah Redmi 10 yang memiliki resolusi 1080 x 2400 pixels. Walaupun begitu, display Redmi 9T dan Redmi 10 sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3

Dari sisi refresh rate layar, Redmi 9T belum menggunakan refresh rate 90 Hz seperti Redmi 10. Artinya, dalam satu detik Redmi 10 akan melakukan redraw layar sebanyak 90 kali sementara Redmi 9T mungkin "hanya" sekitar 60 kali seperti smartphone pada umumnya. 

Hal ini barangkali akan membuat tampilan layar Redmi 9T sedikit kalah responsif dari Redmi 10 apabila Anda melakukan scrolling layar atau menampilkan gambar bergerak. Walaupun begitu, kebanyakan orang barangkali tidak terlalu dapat merasakan perbedaan responsivitas keduanya.  

OS, Chipset, CPU, dan Memory

Karena dirilis lebih dulu, Redmi 9T masih menggunakan OS Android 10 dan MIUI 12 yang dapat diupdate lebih lanjut ke Android 11 bahkan Android 12 (baca artikel dari Infokomputer mengenai daftar HP Xiaomi yang memperoleh update Android 12 melalui tautan ini).

Berikut ini adalah spesifikasi chipset dan CPU Redmi 9T: 
  • Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm), 
  • CPU Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver),
  • GPU Adreno 610
Sementara itu, spesifikasi Redmi 10 adalah sbb: 
  • Chipset MediaTek Helio G88 (12nm) 
  • CPU Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55),
  • GPU Mali-G52 MC2
Seperti dilansir dari nanoreview.net, tampaknya Mediatek Helio G88 memiliki kinerja sedikit di bawah Snapdragon 662. Dari sisi CPU, tampaknya Qualcomm Kryo masih lebih unggul dari Cortex seperti dilansir dari versus.com. Walaupun begitu, dari sisi GPU Mali-G52 masih lebih unggul dari Adreno 610 seperti dilansir dari gadgetversus.com.


Di pasaran, Redmi 9T dijual dengan pilihan kombinasi internal memory 64GB 4GB RAM dan 128GB 6GB RAM. Selain itu, tersedia juga slot memory microSDXC yang dedicated dan tidak di-sharing dengan SIM card - sehingga Anda tidak perlu khawatir harus memilih antara SIM Card atau Memory Card.

Koneksi Data, GPS, dan Sensor

Seperti halnya Redmi 10, Redmi 9T dilengkapi dengan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac yang dapat digunakan untuk koneksi secara langsung (peer-to-peer antar smartphone) atau difungsikan sebagai Wi-Fi hotspot.

Redmi 9T dilengkapi juga dengan Bluetooth versi 5.0, A-GPS, Infrared Port, USB Type-C 2.0, dan tidak lupa radio FM. 

Apabila Anda membaca review mengenai Redmi 9T di GSM Arena, terlihat bahwa Redmi 9T sudah dilengkapi dengan Near Field Communication (NFC) di negara-negara tertentu. Sayangnya, Redmi 9T yang diedarkan di Indonesia tidak dilengkapi dengan fasilitas tersebut seperti dilansir dari Suara.com.

Xiaomi juga menyematkan sensor fingerprint pada Redmi 9T yang diletakkan di sisi kanan seperti halnya Redmi 10. Baik Redmi 9T maupun Redmi 10 belum menggunakan in-display fingerprint yang sudah lazim digunakan pada smartphone terkini.   

Battery

Kapasitas battery tentunya akan menjadi pertimbangan utama bagi pengguna. Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya karena Redmi 9T sudah dilengkapi dengan battery Li-Po dengan kapasitas 6000 mAh, lebih tinggai dari Redmi 10 yang menggunakan battery dengan kapasitas 5000 mAh.

Seperti halnya Redmi 10, battery pada Redmi 9T dapat dicharge secara cepat/fast/rapid. Untuk memastikan fast/rapid charging dapat dilakukan, gunakan charger yang dapat menyediakan daya listrik hingga 18W atau sekitar 3.6A pada 5V DC. 

Seperti halnya Redmi 10, Redmi 9T dapat digunakan sebagai power bank untuk men-charge smartphone lain (reverse charging). Daya yang dapat disediakan Redmi 9T ketika digunakan untuk reverse charging adalah 2.5W atau sekitar 0.5A pada 5V DC. Hal ini berbeda dengan Redmi 10 yang mampu menyediakan daya hingga 9W (1.8A) ketika digunakan untuk reverse charging.


Warna

Redmi 9T dijual dengan tiga pilihan warna yaitu: Carbon Gray (abu-abu), Twilight Blue (biru), Sunrise Orange (orange), dan Ocean Green (hijau).

Mudah-mudahan informasi ini berguna untuk Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli smartphone baru dengan anggaran sekitar Rp 2 juta rupiah. 

Apabila berminat untuk melihat perbandingan antara Redmi 10 dan Redmi 9T secara lebih detail, Anda dapat mengunjungi GSM Arena dan membuat perbandingan antara kedua Smartphone tersebut.

Semoga bermanfaat!

Sumber: 

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi