Selamat Hari Raya Idul Adha 1445H
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445H
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Apa Fungsi Quad Camera pada Samsung Galaxy?

Samsung Galaxy A12 Quad Camera
Quad Camera pada Samsung Galaxy A12

Anda mungkin pernah bertanya-tanya, mengapa beberapa tipe smartphone kini dibekali dengan empat kamera sekaligus di bagian belakang atau biasa dikenal sebagai quad camera. Bukan hanya Samsung, beberapa pabrikan lainnya seperti iPhone, Vivo, Oppo, Huawei, dan Xiaomi juga memiliki fitur ini pada smartphone besutan mereka.

Mengapa Quad Camera?

Dengan berkembangnya kebutuhan fotografi menggunakan kamera pada smartphone, amatlah sulit untuk membuat satu tipe kamera yang dapat memenuhi kebutuhan fotografi. Lain halnya dengan kamera DSLR yang dapat berganti-ganti lensa dan asesori sesuai kebutuhan, lensa kamera pada smartphone sifatnya fixed dan tidak dapat diganti-ganti. Modifikasi yang sering dilakukan hanyalah dengan menambahkan asesori tambahan yang ditempelkan pada kamera smartphone untuk mengubah angle dan efek pemotretan. Walaupun cukup menolong, modifikasi ini kadang tidak memberikan hasil yang diinginkan. 

Quad Camera pada dasarnya adalah empat (4) tipe kamera dengan karakteristik optik yang berbeda-beda. Sebagai contoh, quad camera yang disematkan pada Samsung Galaxy A12 memiliki karakteristik sebagai berikut.

Macro Camera (2MP, f/2.4)

Fungsi kamera ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pemotretan dari jarak sangat dekat. Dengan memotret menggunakan kamera Macro, Anda akan memperoleh gambar yang jernih dengan tingkat kedetilan yang diperlukan. Objek utama yang biasanya menjadi buram gegara dipotret dari jarak yang sangat dekat, sekarang akan menjadi lebih jernih, jelas, dan terlihat detil yang diperlukan. Sementara latar belakan dari objek tersebut akan menjadi lebih buram dan menimbulkan efek bokeh. 


Macro Camera Samsung Galaxy A12
Macro Camera Samsung Galaxy A12


Ultra Wide Camera (5MP, f/2.2)

Seperti sudah bisa ditebak, kamera ini akan memenuhi kebutuhan untuk pemotretan dengan sudut yang lebar. Kadang mungkin Anda sering merasa kecewa pada hasil pemotretan dengan kamera smartphone yang hanya memberikan sudut pandang yang sempit, lebih sempit dari sudut pandang manusia. 

Angle Pemotretan (sumber: Samsung)


Seperti halnya mata manusia, kamera Ultra Wide Samsung Galaxy A12 akan memberikan hasil pemotretan dengan sudut pandang 123 derajat, lebih lebar daripada kamera Wide Angle pada umumnya yang memiliki sudut pemotretan 80 derajat. 

Depth Camera (2MP, f/2.4)

Dengan depth camera, Anda bisa berfokus pada objek yang ingin Anda sorot dan membiarkan latar belakangnya menjadi sedikit buram (blurred) atau dikenal sebagai efek bokeh. Peruntukan kamera ini hampir sama dengan Macro Camera tetapi bukan untuk pemotretan dengan jarak yang sangat dekat. 

Depth Camera Samsung Galaxy A12
Depth Camera Samsung Galaxy A12

Main Camera (48MP, f/2.0)

Fungsi kamera ini adalah sebagai kamera utama pada smartphone yang digunakan untuk pemotretan pada umumnya. Dengan resolusi 48MP tingkat kejernihan dan kualitas gambar yang dihasilkan akan menjadi sangat tinggi.


Apakah Semua Quad Camera Sama? 

Masing-masing pabrikan smartphone tentunya punya ciri dan racikan sendiri dalam mengkombinasikan jenis-jenis kamera yang disematkan dalam konfigurasi quad masing-masing. Anda bisa mencoba eksplorasi tipe-tipe kamera apa saja yang digunakan oleh pabrikan lain dan memilih produk yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Selamat bereksplorasi! 

(Sekian) 

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi