Selamat Hari Raya Idul Adha 1445H
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445H
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Colokan Cerdas Avaro WiFi Smart Plug

Colokan Cerdas AVARO Wifi Smart Plug
AVARO WiFi Smart Plug


Salah satu produk colokan cerdas alias smart plug low budget yang dapat Anda coba adalah WiFi Smart Plug dari Avaro. Colokan cerdas ini dapat dibeli pada etalase Avaro Official Store maupun toko-toko online lainnya yang ada di Tokopedia dengan harga sekitar Rp 100 ribu ketika artikel ini ditulis.

Spesifikasi Colokan Cerdas Avaro WiFi Smart Plug

Colokan cerdas Avaro WiFi Smart Plug mendukung jaringan WiFi 802.11b/g/n yang lazim berada di rumah-rumah. Besarnya arus yang dapat dilewatkan oleh colokan ini adalah 16A pada 220V atau setara dengan kurang lebih 3500 Watt. 

Colokan cerdas Avaro WiFi Smart Plug dapat dioperasikan melalui aplikasi Avaro yang dapat diunduh dari Google Playstore untuk Android maupun Apple Store untuk IOS. Colokan cerdas ini juga kompatibel dengan aplikasi Tuya Smart

Monitoring Pemakaian Daya

Colokan cerdas Avaro WiFi Smart Plug juga memiliki fitur istimewa untuk memonitor pemakaian daya yang dapat dilihat dari aplikasi Avaro maupun Tuya Smart. Dengan fitur ini, Anda dapat melihat besarnya pemakaian daya dari perangkat yang terhubung pada colokan tersebut baik secara realtime maupun berupa ringkasan pemakaian daya harian. Dengan fitur ini, Anda dapat mengidentifikasi perangkat mana yang mengkonsumsi daya paling tinggi dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan penghematan daya.

Integrasi dengan Aplikasi Smart Home

Agar dapat mengendalikan Avaro WiFi Smart Plug sekaligus memonitor pemakaian daya, Anda perlu memasang aplikasi Avaro maupun Tuya Smart yang dapat diunduh dari Google Playstore maupun Apple Store. Selanjutnya, Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk dari buku panduan yang disertakan pada setiap pembelian Avaro WiFi Smart Plug untuk mengintegrasikan dengan aplikasi Avaro.

Khusus untuk Tuya Smart, integrasi smart plug dapat dilakukan dengan memilih secara manual "Socket (Wi-Fi)" dari aplikasi Tuya Smart. 

Sebelum melakukan pembelian, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan Avaro Official Store untuk memastikan kompatibilitas perangkat ini dengan aplikasi smart home selain Avaro, karena boleh jadi update-update selanjutnya pada colokan cerdas ini akan berpengaruh pada kompatibilitasnya. 

Selanjutnya, Anda dapat mencoba berbagai fitur yang disediakan oleh colokan cerdas tersebut termasuk di antaranya beberapa fungsi dasar sebagai berikut: 

  • Fungsi untuk mematikan/menyalakan (ON/OFF) daya ke perangkat yang terhubung pada Avaro WiFi Smart Plug dari Smartphone Anda. Dengan fitur ini, Anda dapat menyalakan/mematikan perangkat dari jarak jauh, bahkan ketika Anda berada di luar rumah. Hal ini tentunya sangat bergantung pada ketersediaan sambungan Internet secara kontinu di rumah Anda.
  • Fungsi untuk memonitor pemakaian daya oleh perangkat yang terhubung pada  Avaro WiFi Smart Plug.  

Selain fungsi dasar tersebut, masing-masing aplikasi Smart Home dapat diatur untuk menjalankan suatu rutinitas sesuai dengan waktu yang ditentukan, misalkan mematikan dan menyalakan peralatan pada saat-saat tertentu atau kondisi cuaca tertentu. Untuk itu, Anda perlu pelajari lebih lanjut aplikasi Smart Home yang Anda pilih untuk mengendalikan colokan cerdas Avaro WiFi Smart Plug.

Integrasi dengan Google Assistant 

Aplikasi Tuya Smart  dapat diintegrasikan dengan Google Assistant yang berada pada perangkat smartphone Anda maupun perangkat Google Nest. Sementara untuk aplikasi Avaro, kami belum sempat mencoba apakah integrasi tersebut memungkinkan karena sejauh ini aplikasi smart home yang terpasang pada smartphone kami adalah Tuya Smart yang cukup kompatibel dengan berbagai produk perangkat cerdas yang dibuat oleh berbagai pabrikan, misalnya Bardi dan Himel.   

Untuk mengintegrasikannya, Anda cukup masuk ke aplikasi Google Home dan menambahkan colokan cerdas Anda pada aplikasi tersebut. Google Home akan mendeteksi secara otomatis keberadaan colokan tersebut segera sesudah ditambahkan pada aplikasi Smart Home pilihan Anda. Selanjutnya, Anda hanya tinggal menentukan grup/ruangan dimana colokan cerdas tersebut terpasang. 

Penentuan grup/ruangan ini menjadi penting apabila Anda menggunakan Google Nest untuk memberikan perintah suara (voice command) untuk perangkat cerdas di lokasi tersebut. Sebagai contoh, apabila colokan cerdas di tempatkan pada satu ruangan dengan Google Nest misalnya pada Living Room, maka Anda dapat memberikan perintah suara langsung pada Google Nest untuk menyalakan dan mematikan perangkat yang terhubung pada colokan tersebut. 

Berikut ini contoh-contoh voice command dalam Bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk mematikan colokan cerdas menggunakan Google Nest maupun Google Assistant, dalam kasus ini kami melabeli colokan cerdas tersebut sesuai dengan perangkat yang terhubung kepadanya yaitu fan alias kipas angin.  
  • Hi Google... Turn on the fan  (menyalakan kipas angin yang terhubung ke colokan)
  • Hi Google... Turn off the fan (mematikan kipas angin)
  • Hi Google... Turn off the fan at 9PM (mematikan kipas secara otomatis pada jam 9 malam)
Bagaimana, apakah Anda tertarik? Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda!

Sumber: 

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi