Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Apakah Google Nest itu?

Apakah Anda pengguna fasilitas Google Assistant pada Smartphone Android? Fasilitas yang lazim diaktifkan dengan seruan "Hi Google" ini barangkali sudah dirasakan manfaatnya untuk menunjang kegiatan Anda sehari-hari. Contohnya adalah untuk menanyakan hal-hal yang ingin diketahui dari Internet, memutar lagu kesayangan, membuat pengingat (reminder), atau sebagai alarm yang membangunkan Anda dan membacakan berita di pagi hari.

Apabila sudah mulai terbiasa dilayani oleh Google Assistant barangkali Anda perlu mempertimbangkan untuk mencoba Google Nest. Perangkat yang dibandrol dengan kisaran harga Rp 550-600 ribu rupiah di lapak-lapak online dapat menjadi pilihan untuk membantu Anda memaksimalkan fungsi Google Assistant untuk menunjang aktivitas sehari-hari.     

Google Nest Mini 2nd Generation
Google Nest Mini 2nd Generation

Apakah Google Nest itu dan apa yang dapat dilakukannya?

Google Nest pada dasarnya adalah sebuah speaker pintar yang dapat dikontrol menggunakan suara manusia.  Perangkat ini perlu terhubung ke jaringan WiFi di dalam rumah dan dapat diintegrasikan dengan fasilitas lain yang didukung oleh Google Home, misalnya Android SmartTV, Google Chromecast, menyalakan/mematikan peralatan secara otomatis, dll. 

Bagaimana kualitas suara Google Nest?

Dengan Google Nest, Anda tidak perlu melakukan pairing bluetooth apabila ingin memutar lagu dari Spotify, Joox, dan Youtube Music. Untuk sementara ini, hanya ketiga aplikasi tersebut yang didukung oleh Google Nest.  Apabila sudah berlangganan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda cukup meminta Google Nest untuk memutar sebuah lagu secara spesifik seperti "Hi Google..... please play Easy on Me by Adelle" atau cukup menyebutkan "Hi Google.... please play any songs by Adelle" - maka Nest akan otomatis mencari dan memutarkan lagu tersebut. Walaupun begitu, apabila Anda belum berlangganan (free version), maka Anda tidak dapat memilih satu lagu secara spesifik, walaupun begitu Anda masih dapat memilih playlist yang sudah ditentukan di Spotify misalnya.

Apakah Google Nest memahami bahasa Indonesia?

Tentu saja, Anda dapat menentukan bahasa apa saja yang didukung oleh Google Nest lewat aplikasi Home di ponsel Android Anda. Walaupun begitu, ada kalanya pencarian lewat Bahasa Indonesia akan memberi hasil yang terbatas dibandingkan pencarian dengan menggunakan Bahasa Inggris. 

Google Nest dapat membantu Anda menggunakan bahasa asing, utamanya Inggris, dengan lebih baik dan yakin bahwa pengucapan Anda dapat dimengerti oleh orang lain. Anda tidak perlu malu melakukan kesalahan karena Google Nest tidak akan menertawakan Anda! 

Bagaimana integrasi dengan SmartTV, Chromecast, atau perangkat lainnya?

Pada dasarnya Google Nest dapat diintegrasikan dengan perangkat apa saja yang diatur dengan Google Home pada ponsel Anda. Apabila pada Google Home terdapat SmartTV atau Chromecast, Anda dapat meminta Google Nest untuk memutar official video clip dari sebuah lagu di Youtube dan menampilkannya di SmartTV atau Chromecast. Bahkan Google Nest dapat juga diminta untuk mencarikan film-film terbaru di Netflix dan sekaligus memutarkannya di layar SmartTV atau Chromecast Anda. Menarik bukan? 

Apa sih Google Home itu? 

Anda barangkali bertanya-tanya tentang aplikasi Google Home yang disinggung beberapa kali dalam paragraf di atas. Aplikasi ini sejatinya adalah aplikasi untuk mengelola seluruh perangkat pintar di rumah Anda, misalnya Android SmartTV, Google Chromecast, Google Nest, dan Sistem Otomasi Rumah yang sudah banyak dijual di Internet. 

Aplikasi Google Home dapat didownload secara gratis dari Google Playstore. Selanjutnya, Anda perlu mendaftarkan seluruh perangkat pintar di rumah Anda yang mendukung Google Home - termasuk Google Nest - ke dalam aplikasi tersebut.  

Apabila Anda baru memiliki Google Nest di rumah dan belum memiliki perangkat pintar lainnya, maka Nest tetap sangatlah bermanfaat untuk menunjang aktivitas Anda, misalnya untuk mencarikan informasi sederhana seperti konversi Rupiah ke USD, Fahrenheit ke Celsius, nama Ibukota suatu negara, berita-berita terkini, perhitungan matematika sederhana, mencari resep masakan, melakukan panggilan telepon, dll. 

Selain itu, Google Nest dapat menjadi asisten yang handal untuk mengingatkan waktu bangun pagi, waktu sembahyang, waktu berangkat kerja, waktu belajar, waktu membayar iuran listrik atau kartu kredit, dll. 

Anda dapat juga meminta Google Nest untuk menjadi asisten yang dapat membantu Anda memonitor checklist yang dibuat untuk suatu aktivitas, misalnya mengenai barang-barang yang perlu dibawa pada saat bepergian, dll. 

Apabila Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang pemanfaatan Google Nest, silakan mengunjungi laman resmi dari Google yang membahas mengenai manfaat dari perangkat tersebut. 

Fungsi Google Nest di masa yang akan datang tentunya akan lebih luas seiring dengan perkembangan perangkat smart home yang makin gencar dan terjangkau dari sisi harga. Membiasakan diri dengan kemajuan teknologi semacam ini akan dapat membantu Anda untuk menghadapi perubahan-perubahan di masa depan. 

Walaupun begitu, kemajuan teknologi ini hendaknya meningkatkan kualitas hidup pribadi dan sosial. Seringkali kehadiran perangkat semacam Google Nest membuat interaksi antar manusia menjadi berkurang akibat asyik berdiskusi dengan Google Nest. Jangan sampai kehadiran perangkat pintar seperti Google Nest justru menghubungkan hubungan keluarga atau pertemanan! 

Semoga bermanfaat!

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

  1. The writer seems great , I want to buy essay online service from her/him to get the best tech knowledge

    BalasHapus
    Balasan
    1. Feel free to contact me if you really need tech writer. I can write in English if you want. Feel free to post your advertisement here.

      Hapus

Posting Komentar

Rekomendasi