Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Lampu Cerdas BARDI RGBWW

BARDI Smart Bulb RGBWW
BARDI Smart Bulb 9W RGBWW

Apabila Anda memiliki koneksi Internet permanen di rumah dan ingin menjajal teknologi smart home, barangkali Anda bisa mulai dengan memasang lampu pintar yang dikeluarkan BARDI. Lampu pintar alias smart bulb besutan produsen peralatan cerdas ini dapat dijumpai di lapak-lapak online termasuk di antaranya BARDI official store dengan kisaran harga Rp 95 - 110 ribu rupiah ketika artikel ini ditulis.

Pilihan Daya dan Warna

Lampu pintar BARDI RGBWW dijual dengan dua pilihan daya yaitu 9W dan 12W yang memiliki tingkat penerangan yang berbeda. Walaupun begitu keduanya merupakan lampu RGB sekaligus WW. Apakah itu RGB dan apa pula WW? RGB adalah singkatan dari red green blue. Ketiga warna ini merupakan warna dasar untuk seluruh kombinasi warna yang ada termasuk warna putih. Dengan demikian, lampu pintar ini dapat memberikan seluruh kombinasi warna yang mungkin diberikan oleh warna dasar RGB. Sementara itu WW adalah singkatan dari warm white. WW ini memberikan cahaya putih kekuningan yang bagi sebagian besar orang dirasakan lebih "hangat". 

Aplikasi BARDI Smart Home

Lampu pintar BARDI memerlukan aplikasi BARDI Smart Home yang dapat diunduh baik dari Google Playstore maupun Apple Store. Ikuti petunjuk pada buku panduan yang disertakan pada setiap pembelian BARDI Smart Bulb untuk menambahkan lampu yang Anda beli pada aplikasi BARDI Smart Home.

Selanjutnya, Anda dapat mencoba berbagai fitur yang disediakan oleh lampu tersebut termasuk di antaranya beberapa fungsi dasar sebagai berikut: 

  • Fungsi untuk mematikan/menyalakan (ON/OFF) lampu dari Smartphone Anda. Dengan fitur ini, Anda dapat menyalakan/mematikan lampu dari jarak jauh, bahkan ketika Anda berada di luar rumah. Hal ini tentunya sangat bergantung pada ketersediaan sambungan Internet secara kontinu di rumah Anda.
  • Fungsi untuk mengatur kecerahan (brightness) yang dapat diatur mulai tingkat kecerahan 10 (terendah) sampai 1000 (tertinggi).
  • Fungsi colour temperature yang dapat di diatur mulai dari angka 0 (cahaya kuning) sampai 1000 (cahaya putih).  

Selain fungsi dasar, aplikasi BARDI Smart Home juga menyediakan sejumlah fungsi smart di antaranya: 

  • Jadwal mati/hidup lampu, sehingga Anda tak perlu repot-repot mematikan lampu ketika hari sudah terang dan sebaliknya menghidupkan lampu ketika hari sudah gelap. 
  • Pengaturan mati/hidup lampu berdasarkan lokasi smartphone yang Anda pegang. Sebagai contoh, lampu akan otomatis mati ketika mendeteksi smartphone Anda bergerak menjauhi rumah dan sebaliknya lampu akan otomatis menyala ketika smartphone Anda bergerak mendekati rumah. Fungsi ini akan memerlukan akses ke GPS pada smartphone Anda. 
  • Pengaturan mati/hidup lampu berdasarkan kondisi cuaca yang diperoleh dari laporan cuaca pada smartphone Anda.
  • Fungsi Music - dengan mengaktifkan fungsi ini, warna lampu akan berubah-ubah mengikuti musik yang diputar pada perangkat Smartphone Anda. Apabila menginginkan fungsi ini, pastikan bahwa lampu yang Anda beli mendukung fungsi music dengan cara bertanya langsung pada seller/penjual di lapak online.   

Integrasi dengan Google Assistant 

Aplikasi BARDI Smart Home dapat diintegrasikan dengan Google Assistant yang berada pada perangkat smartphone Anda maupun perangkat Google Nest apabila Anda memilikinya. Untuk mengintegrasikannya, Anda cukup masuk ke aplikasi Google Home dan menambahkan lampu cerdas BARDI Anda pada aplikasi tersebut. Google Home akan mendeteksi secara otomatis keberadaan lampu tersebut segera sesudah ditambahkan pada BARDI Smart Home. Selanjutnya, Anda hanya tinggal menentukan grup/ruangan dimana lampu tersebut berada. 

Penentuan grup/ruangan ini menjadi penting apabila Anda menggunakan Google Nest untuk memberikan perintah suara (voice command) untuk perangkat cerdas di lokasi tersebut. Sebagai contoh, apabila lampu di tempatkan pada satu ruangan dengan Google Nest misalnya pada Bedroom, maka Anda dapat memberikan perintah suara langsung pada Google Nest untuk menyalakan dan mematikan lampu. Berikut ini contoh-contoh voice command dalam Bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk mematikan lampu BARDI menggunakan Google Nest maupun Google Assistant:  
  • Hi Google... Turn on the light  (menyalakan lampu)
  • Hi Google... Turn off the light (mematikan lampu)
  • Hi Google... Brighten the light (membuat lampu menjadi semakin terang) 
  • Hi Google... Dim the light (membuat lampu menjadi semakin redup)
  • Hi Google... Change colour to blue (mengubah cahaya lampu menjadi biru) 
  • Hi Google... Change colour to warm white (mengubah cahaya lampu menjadi warm white)
  • Hi Google... Turn off the light at 6.00AM (mematikan lampu secara otomatis pada jam 6 pagi).
Perlu diingat bahwa fungsi music tidak akan berjalan saat Anda memutar lagu lewat Google Nest. Hal ini disebabkan karena aplikasi BARDI Smart Home perlu "mendengarkan" lagu yang diputar pada Smartphone Anda secara langsung menggunakan fungsi recording pada Smartphone Anda. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik? Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda!

Sumber: 

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi