Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Memperbaiki Sirkulasi Udara dalam Ruangan

Dalam artikel terdahulu mengenai manfaat tanaman Calatheadisinggung tentang pentingnya sirkulasi udara sebagai kunci untuk menjaga kadar CO2 dalam ruangan dalam batas aman. 

Seperti dijelaskan dalam artikel tersebut, kadar CO2 di atas 1000ppm dapat menyebabkan beberapa keluhan mulai dari rasa kelelahan, kantuk, sakit kepala, hingga kerusakan otak akibat kekurangan oksigen, dan bahkan berujung pada kematian. 

Informasi mengenai kadar aman CO2 dijelaskan dalam artikel yang dimuat di kane.co.uk seperti dikutip di bawah ini: 

  • 250-400ppm: normal background concentration in outdoor ambient air
  • 400-1,000ppm: concentrations typical of occupied indoor spaces with good air exchange
  • 1,000-2,000ppm: complaints of drowsiness and poor air
  • 2,000-5,000 ppm: headaches, sleepiness and stagnant, stale, stuffy air. Poor concentration, loss of attention, increased heart rate and slight nausea may also be present.
  • 5,000ppm: workplace exposure limit (as 8-hour TWA) in most jurisdictions
  • >40,000 ppm: exposure may lead to serious oxygen deprivation resulting in permanent brain damage, coma, even death

Bagaimana Menurunkan Kadar CO2 dalam Ruangan?

Seperti dijelaskan dalam artikel manfaat tanaman Calathea, sirkulasi udara yang baik adalah kunci untuk menurunkan kadar CO2 di dalam ruangan. Hal ini tentunya mengasumsikan juga bahwa udara di luar ruangan memiliki kualitas yang lebih baik sehingga layak untuk dialirkan ke dalam ruangan. 

Sirkulasi udara diukur dari seberapa lama udara di dalam ruangan dapat digantikan sepenuhnya. Misalkan ruangan yang Anda tempati beserta seluruh anggota keluarga memiliki luas 60m2 dan tinggi 3m. Dengan demikian, volume udara di dalam ruangan dapat dihitung sebagai 60m2 x 3m = 180m3. Sirkulasi udara dihitung dari berapa lama 180m3 udara dapat diganti sepeunuhnya dengan udara segar dari luar.

Bagaimana Cara Memperbaiki Sirkulasi Udara?

Untuk membuang udara sebesar 180m3 dari dalam ruangan dan menggantikannya dengan udara segar dengan jumlah yang sama dari luar ruangan, maka Anda akan memerlukan ventilasi/jalan udara yang memungkinkan udara keluar dan masuk secara leluasa. Letak ventilasi sebaiknya berada pada dinding yang berseberangan agar udara dapat mengalir melalui ruangan. Letak ventilasi yang bersebelahan tidak akan terlalu menolong dalam memperbaiki sirkulasi udara. Dengan demikian, ruangan yang Anda tempati perlu dilengkapi dengan minimal dua ventilasi yang terletak pada dinding yang berseberangan untuk dapat memperoleh sirkulasi udara yang baik. 


Memperbaiki Sirkulasi Udara dalam Ruangan
(sumber: EngineeringToolbox)

Terkadang ventilasi saja belum cukup. Seringkali, kita perlu menambahkan kipas untuk membantu mendorong sirkulasi udara di dalam rumah. Kipas dapat diletakkan pada salah satu dinding saja entah sebagai exhaust fan (kipas untuk mengalirkan udara ke luar rumah) atau intake fan (kipas untuk menyedot aliran udara luar ke dalam rumah). Apabila dirasa perlu, Anda dapat meletakkan satu exhaust dan satu intake fan pada dinding yang berseberangan. Jangan lupa untuk memasang filter udara, apabila Anda akan menggunakan intake fan. Hal ini untuk memastikan kotoran yang berasal dari udara luar dapat tersaring sebelum masuk ruangan.

Besarnya kekuatan kipas tergantung pada volume udara yang akan dipindahkan dan target waktu yang diperlukan untuk memindahkan udara agar dicapai kadar CO2 yang aman. Sebagai contoh, untuk memindahkan 180m3 dalam satu menit, Anda akan memerlukan exhaust/intake fan dengan  kemampuan 180CMM (180 Cubic Meter per Minute) atau kurang lebih setara dengan 6357CFM (Cubic Feet per Minute). Selanjutnya, Anda tinggal mencari exhaust/intake fan dengan kemampuan 180CMM (atau 6357CFM) di pasaran. Anda mungkin akan terkejut setelah mengetahui bahwa exhaust/intake fan yang mampu memindahkan 6000CFM udara memiliki baling-baling dengan diameter 30" atau sekitar 70cm. Tentunya, Anda tidak ingin memiliki exhaust/intake fan sebesar ini di dinding ruang tamu Anda. 

Untungnya, kita tidak perlu memindahkan keseluruhan 180m3 udara dalam 1 menit. Seperti dijelaskan dalam artikel manfaat tanaman Calathea, apabila Anda menempati suatu ruangan dengan volume 180m3 bersama 4 orang lainnya (total 5 orang), maka udara hanya perlu disirkulasikan udara sebanyak 3 kali dalam 1 jam (20 menit sekali). Dengan demikian, kebutuhan exhaust fan bisa dipangkas menjadi sepertiganya saja yaitu sekitar 2100CFM. Ukuran kipas 2000CFM kurang lebih hanya separuh dari kipas 6000CFM, yaitu sekitar 35cm.

Apabila tinggal di ruangan dengan ukuran yang berbeda atau jumlah orang yang berbeda, maka Anda dapat menggunakan kalkulator yang disediakan oleh EngineeringToolbox untuk memperkirakan berapa sering udara di dalam ruangan harus diganti sepenuhnya. 

Penggunaan kipas pada dasarnya dapat dikurangi dengan memperbaiki dan memperbanyak ventilasi yang memungkinkan aliran udara secara natural di dalam rumah. Meletakkan beberapa tanaman yang dapat memperbaiki kualitas udara seperti Calathea dapat juga membantu walaupun tentu saja tidak dapat menggantikan pentingnya sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan.

Semoga bermanfaat!

Postingan Terbaru


Komentar

  1. Indoor air circulation is really important. Otherwise, it might affect human health suddenly. To spread such guidelines and basic knowledge among users, our forum of cheap assignment help is now providing essential content at cheap rates.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes indeed, indoor air circulation is important for human health. Thanks for visiting our blog, hope you can find useful information here. Feel free to advertise your product here as well!

      Hapus
  2. HIGS will give you the entire details about how to write a research paper and the research paper outline. It may be the most difficult part of your research, but HIGS will tell the simple procedures that must be carried out while writing your research paper. The real process of writing a research paper is often a messy and recursive one, so the research paper writing process must have a clear outline for summarizing, analyzing, explaining, and evaluating the entire research work. You must explain and focus on the research paper and your specific purpose must be explained in the research paper. For all these needs, you must follow what we are saying here.
    http://higssoftware.com/phd-research-paper-writing-services

    BalasHapus

Posting Komentar

Rekomendasi