Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Cara Perpanjang SIM di SIM Keliling

Alur Perpanjangan SIM di SIM Keliling
Pelayanan SIM Keliling (SIMLING) - okezone


Apabila SIM Anda akan habis masa berlakunya alias kedaluwarsa dalam waktu dekat, sebaiknya Anda mulai mencari-cari lokasi dan jam layanan SIM Keliling (alias SIMLING) terdekat. Begitu menemukan jadwal yang cocok, jangan tunda lagi untuk memperpanjang SIM. 

Anda boleh memperpanjang SIM kapan saja, tetapi tidak boleh terlambat memperpanjang satu hari pun. Jauh lebih baik memperpanjang SIM sebelum akhir  masa berlakunya ketimbang telat memperpanjang sehingga harus mengurus SIM baru yang memakan waktu lebih lama.

Perlu diingat bahwa SIMLING hanya melayani perpanjangan dan tidak melayani pembuatan SIM baru. Selain itu, SIMLING hanya  melayani perpanjangan SIM A dan C. Pemilik SIM A umum, B1, dan B2 tidak dapat memperpanjang SIM nya di SIM Keliling.

Persyaratan untuk Memperpanjang SIM

Untuk memperpanjang SIM, Anda cukup membawa beberapa hal berikut: 
  • Fotokopi KTP yang masih berlaku sebanyak dua lembar (bawa KTP aslinya juga, siapa tahu perlu dilakukan verifikasi),
  • SIM asli (bukan fotokopi) yang masih berlaku, 
  • Alat tulis untuk mengisi formulir apabila diminta, 
  • Uang tunai untuk membayar biaya perpanjangan sesuai tarif yang berlaku.
Jasa fotokopi berbayar disediakan dalam beberapa mobil SIMLING. Walaupun begitu, sebaiknya Anda sudah menyiapkan sendiri kedua lembar fotokopi KTP yang diperlukan sebagai antisipasi kalau-kalau jasa fotokopi tidak tersedia di lokasi. 

Alur Perpanjangan SIM

Alur perpanjangan SIM cukup sederhana, hanya ada maksimum tiga (3) meja yang perlu Anda kunjungi, yaitu:
  • Meja pendaftaran,
  • Meja verifikasi, pengambilan foto, dan biometrik;
  • Meja pengambilan SIM. 
Pada meja pendaftaran, Anda akan diminta untuk menyerahkan SIM asli berikut dua lembar fotokopi KTP. Selanjutnya, petugas akan menyodorkan formulir untuk diisi. Terkadang, petugas membantu mengisikan formulir berdasarkan data pada fotokopi KTP dan SIM. Walaupun begitu, sebaiknya Anda tetap siap dengan alat tulis di tangan, kalau-kalau Anda diminta untuk mengisi formulir sendiri.

Sesudah menyerahkan berkas dan mengisi formulir pada meja pendaftaran, Anda akan diminta menunggu panggilan dari petugas yang akan mengambil foto dan data biometrik (sidik jari). 

Berapa lama Anda menunggu sangat tergantung pada banyaknya antrian yang sudah datang lebih dulu dari Anda. Apabila mendengar nama Anda dipanggil untuk pengambilan foto, segeralah bergegas menuju mobil SIMLING. Biasanya petugas akan memanggil 2-3 orang secara bersamaan. 

Pada meja pengambilan foto dan data biometrik, petugas akan memverifikasi data yang kelak tercantum pada SIM baru Anda. Pastikan bahwa data yang tertulis sudah benar agar Anda tidak perlu bolak-balik lagi untuk melakukan koreksi sesudah SIM dicetak. 

Pada saat pengambilan foto, petugas akan meminta Anda melepas kacamata dan masker. Selanjutnya, Anda akan diminta juga untuk membubuhkan tanda tangan elektronik pada signature pad yang disediakan. Bubuhkan tanda tangan pada signature pad tersebut seperti Anda membubuhkan tanda tangan pada kertas biasa. 

Petugas juga akan mengambil beberapa contoh sidik jari (ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan jari manis). Ikuti arahan petugas agar Anda tidak keliru menyodorkan jari yang salah pada saat menyentuh sensor biometrik untuk pengambilan sidik jari Anda.

Sesudah selesai pengambilan foto dan data biometrik, Anda akan diminta untuk menunggu panggilan untuk pengambilan SIM. Apabila semuanya lancar dan tidak ada gangguan pada sistem, biasanya Anda tidak perlu menunggu terlalu lama.

Apakah Pasti Selesai pada Hari yang Sama?

Keseluruhan proses perpanjangan SIM seharusnya selesai pada hari itu juga. Kalau sedang sepi, prosesnya bahkan selesai dalam waktu kurang dari satu jam.

Walaupun begitu, terkadang mobil SIMLING mengalami kendala pada sistem; misalnya gangguan pada jaringan atau printer. Apabila hal itu terjadi, petugas akan meminta Anda kembali keeesokan hari atau beberapa hari kemudian (bergantung pada jadwal mobil SIMLING tersebut di lokasi yang sama) untuk mengambil SIM baru Anda. Petugas akan mencatat nama Anda dan mengembalikan SIM lama untuk pegangan selama di jalan. 

Berkendara dengan SIM lama tentunya tidak jadi masalah apabila tanggal kedaluwarsanya masih cukup jauh. Walaupun begitu, beberapa orang mungkin memperpanjang SIM tepat pada tanggal kedaluwarsanya. Artinya, Anda akan membawa SIM kedaluwarsa selama beberapa hari sampai SIM baru dapat diambil pada mobil SIMLING tersebut. Apabila hal ini menimpa Anda, cobalah untuk menanyakan kepada petugas dimana mobil SIMLING ini akan bertugas esok hari sehingga Anda dapat menyambangi mobil tersebut di lokasi tersebut keesokan harinya. 

Perlu diingat bahwa SIM hanya dapat diambil pada mobil SIMLING yang sama. Walaupun Anda tahu bahwa esok hari akan ada mobil SIMLING di lokasi yang sama, tetapi ada kemungkinan mobil SIMLING yang lain. Mintalah informasi pada petugas kapan mobil SIMLING yang sama akan bertugas di lokasi tersebut sehingga Anda tidak akan kecele ketika akan mengambil SIM Anda. 

Kapan Waktu Terbaik untuk Mengunjungi SIMLING?

Jawabannya tentunya tergantung jadwal SIMLING yang pas dengan kesibukan Anda. Walaupun begitu, di beberapa daerah yang cukup ramai, mobil SIMLING akan beroperasi dari Senin sampai Sabtu kecuali hari Minggu dan hari Libur Nasional. 

Jam mulai layanan biasanya sekitar pukul sembilan (9) pagi. Pada beberapa lokasi SIMLING, antrian sudah mulai terlihat sebelum jam tersebut. Layanan SIMLING ini biasanya akan tutup pada jam 13.00 dan pendaftaran perpanjangan SIM biasanya sudah ditutup pada jam 11.30 atau menjelang Pk. 12.00 apabila antriannya panjang. 

Apabila memungkinkan, lakukan perpanjangan pada hari kerja (Senin-Jumat). Biasanya antrian tidak terlalu panjang pada hari-hari kerja. Apabila memungkinkan, hindari memperpanjang SIM pada hari Sabtu karena antriannya mungkin lumayan panjang di beberapa daerah.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk Anda. Segera cek tanggal kedaluwarsa SIM Anda dan cari waktu dan lokasi layanan SIMLING terdekat yang sesudai dengan jadwal dan kesibukan Anda. Apabila mengalami kebingungan, jangan segan-segan untuk bertanya pada petugas di lokasi. 

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi