Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

COB vs SMD LED

Ketika membeli lampu LED untuk mengganti lampu CFL atau lampu pijar, Anda mungkin tidak dihadapkan pada pilihan - apakah akan menggunakan LED SMD atau COB

Walaupun begitu, dalam beberapa aplikasi penggunaan lampu LED, misalnya untuk hiasan, lampu kendaraan, atau lampu LED tenaga surya; Anda seringkali melihat tulisan SMD dan COB pada kotak kemasan, tetapi tidak paham maknanya. 

SMD LED

SMD adalah kependekan  untuk "Surface Mounted Device". Jenis LED ini adalah yang paling umum di pasaran dan digunakan untuk bola lampu LED yang digunakan di rumah tangga pada umumnya. SMD LED sudah menyatu dengan papan sirkuitnya (Printed Circuit Board) dan tidak dapat diganti atau dilepas dengan mudah apabila ada kerusakan pada satu atau beberapa LED yang terpasang. 


Surface Mounted Device (SMD) LED
Surface Mounted Device (SMD) LED

Apabila Anda memiliki bola lampu LED yang sudah rusak, cobalah untuk melepaskan tutupnya yang biasanya berwarna putih susu. Di balik tutupnya, Anda akan menemukan sekumpulan SMD LED yang terpasang pada papan sirkuit seperti terlihat dalam gambar di atas.

SMD LED memiliki beberapa tipe yang dibedakan berdasarkan ukuran, warna, daya listrik yang diperlukan, dan kemampuannya untuk mengkonversikan daya listrik menjadi cahaya (efikasi). Sebagai contoh, efikasi SMD LED tipe 3528 adalah 70-100 lm/Watt. Artinya, untuk setiap watt yang digunakan, LED mampu menghasilkan cahaya dengan tingkat pencahayaan 70-100 lm atau kurang lebih setara dengan 70-100 batang lilin yang dinyalakan secara bersamaan. 

Beberapa tipe SMD LED seperti 5050 dan 5060 memiliki 3 individual LED dalam satu kemasan. Masing-masing LED dapat menghasilkan warna RED, GREEN, BLUE (RGB) sehingga apabila masing-masing LED diatur kekuatan pencahayaannya secara tepat akan dihasilkan warna-warna baru.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai tipe-tipe SMD LED yang ada, Anda dapat mengunjungi laman di Wikipedia yang membahas tentang SMD LED.


COB LED

COB adalah kependekan untuk Chip on Board LED. Seperti dikutip dari Wikipedia, COB adalah suatu metode untuk membuat integrated circuit (IC) yang dikoneksikan dan dilekatkan secara langsung pada papan sirkuit (PCB). Hasilnya, produk yang dihasilkan menjadi lebih kompak, ringan, dan murah. 

Dengan kata lain, COB adalah suatu metode untuk meningkatkan kepadatan/densitas komponen sehingga rangkaian menjadi lebih kompak, ringan, hemat energi, dan relatif murah. 

Gambar di bawah adalah illustrasi perbandingan jumlah LED yang dapat ditampung dalam sebuah PCB ukuran 1 cm x 1 cm. Dari gambar tersebut terlihat bahwa COB menampung hingga 342 LED untuk PCB berukuran 1 cm x 1cm, sementara SM hanya mampu menampung 40 LED. 

Dalam illustrasi di bawah ditampilkan juga komponen LED dual in package (DIP) yang lazim digunakan dalam proyek-proyek elektronika. Terlihat bahwa jumlah LED DIP yang dapat ditampung dalam PCB 1cm x 1cm hanya 9 buah. 

Kepadatan DIP vs SMD vs COB
(sumber: SiliconLightWorks)

Dengan semakin banyak LED yang dapat ditampung dalam PCB yang berukuran sama, maka cahaya yang dihasilkan akan semakin terang. 

Walaupun begitu, masing-masing LED dalam COB LED lazimnya tidak dapat dikendalikan secara terpisah. Pengendalain terpisah ini diperlukan dalam aplikasi LED RGB untuk menghasilkan warna yang berubah-ubah (misalnya dalam lampu LED yang bisa berubah warna). Untuk membuat lampu LED yang berubah warna akan jauh lebih mudah apabila menggunakan tipe SMD ketimbang COB. Dengan demikian, COB akan sangat efisien baik dari sisi ruang dan daya listrik yang digunakan untuk aplikasi pencahayaan dengan satu warna. 

Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Sumber: 

(Sekian)
 

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi