Selamat Hari Raya Idul Adha 1445H
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445H
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Memperbaiki Saklar Otomatis Pompa Air yang Bermasalah

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan mesin pompa air yang tidak mau menyala secara otomatis, padahal mesin tersebut dapat menyala dengan normal apabila Anda mem-bypass koneksi kabel menuju ke saklar pemutus otomatis? Kalau ya, bisa jadi Anda mengalami masalah dengan "Radar". 

"Radar" sesungguhnya adalah salah satu merk dagang untuk saklar otomatis yang digunakan untuk mengendalikan level/ketinggian air pada tangki. "Radar" bukan satu-satunya merk yang tersedia di pasaran untuk produk sejenis. Ada berbagai macam merk yang tersedia dengan variasi harga dan kualitas.

Cara Kerja Radar Pompa Air

Cara kerja perangkat ini cukup sederhana. Alat ini terdiri dari dua pemberat (silinder warna orange pada gambar) yang digunakan untuk menandai batas bawah dan batas atas ketinggian air. Selain itu, terdapat juga rumah saklar (silinder warna abu-abu) yang berfungsi untuk memutus dan menyambung arus listrik ke pompa air. 


Radar Pompa Air yang Bermasalah
Radar Pompa Air

Apabila air berada pada batas bawah maka kedua pemberat akan menggantung di atas air dan cukup berat untuk menarik saklar ke posisi terhubung (on) sehingga arus listrik akan mengalir dan mesin pompa air akan berjalan. Sebaliknya, ketika kedua pemberat terendam air, maka bebannya tidak cukup berat untuk menarik saklar ke posisi on, sehingga saklar akan kembali ke posisi terputus (off).

Jarak antara kedua pemberat bisa diatur (digeser) untuk menentukan interval mati-hidup (stop-start) mesin pompa. Sebaiknya jaraknya tidak terlalu dekat agar mesin pompa tidak terlalu sering mati-hidup yang dapat berdampak pada keawetan mesin.

Cara kerja pengatur ketinggian air ini sangat sederhana dan  handal sehingga jarang sekali terjadi kegagalan fungsi. Walaupun begitu dalam beberapa kasus, entah karena produk yang kurang handal atau instalasi yang kurang baik, alat ini gagal berfungsi. 

Radar Pompa Air yang Bermasalah
Pelampung Radar

Kerusakan pada Radar Pompa Air

Salah satu penyebab kegagalan yang terjadi adalah rusaknya mekanisme saklar yang berada di luar tangki air (silinder berwarna abu-abu pada gambar). Kerusakannya dapat disebabkan karena adanya rembesan air hujan pada rumah saklar. Rumah saklar sudah dibuat sedemikian rupa agar terlindung dari rembesan air hujan/kelembapan. Walaupun begitu seiring dengan bertambahnya usia perangkat dan kondisi alam yang kurang bersahabat, rumah saklar dapat mengalami kerusakan. Dalam beberapa kasus, kerusakan ini dapat terjadi cukup cepat (6-12 bulan sejak dipasang). 

Alternatif Pengganti Radar Pompa Air yang Rusak

Apabila Anda bosan memanggil tukang pompa untuk memperbaiki perangkat ini, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk mengganti saklar otomatis ini dengan Timer listrik yang banyak beredar di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. 

Salah satu jenis timer yang dapat dijumpai di toko-toko listrik adalah timer yang berbentuk piringan yang dapat diputar dengan saklar-saklar kecil yang mengelilingi piringan tersebut. Saklar-saklar tersebut biasanya mewakili interval waktu 15 menit. Anda dapat membuat setting timer sebanyak-banyaknya selama 24 jam dengan interval waktu tersingkat adalah 15 menit. Alat ini juga tidak memerlukan battery karena listrik yang digunakan untuk menggerakkan piringan diambil dari tegangan listrik yang diambil dari dinding. Timer ini akan memutus dan menyambungkan listrik (on-off) sesuai dengan konfigurasi yang Anda buat setiap harinya. Anda dapat membeli timer ini dengan harga yang terjangkau sekitar Rp 50,000-60,000.00 pada tahun 2014. 

Jenis-jenis Timer

Jenis timer lain yang cukup banyak beredar juga adalah timer digital. Dengan timer jenis ini, Anda dapat membuat konfigurasi on-off dengan selisih waktu minimal 1 menit (bandingkan dengan timer sebelumnya: 15 menit). Selain itu, Anda dapat membuat konfigurasi yang berbeda untuk masing-masing hari. Timer ini memerlukan battery yang harus Anda ganti secara berkala. Harga perangkat ini lebih mahal sekitar 2 kali lipat harga timer jenis pertama (pada tahun 2014).


Alternatif Pengganti Radar Pompa Air yang Rusak
Timer

Apabila Anda meletakkan timer ini di luar, maka Anda harus mempertimbangkan untuk membeli timer tipe "weatherproof" (IP44) agar timer tersebut tidak rusak ketika terkena air hujan. (IP adalah kependekan dari Ingress Protection, yang menjelaskan kemampuan perangkat dalam menangkal air dan partikel dari luar. IP44 sudah memberikan perlindungan yang cukup dari curah hujan rata-rata dan benda-benda kecil, hanya saja IP44 tidak cukup apabila curah hujan cukup tinggi/semprotan air apalagi direndam dalam air). Harga timer dengan tipe "weatherproof" tentunya akan lebih mahal daripada timer untuk penggunaan di dalam ruangan (indoor).

Selanjutnya, Anda tinggal memperkirakan kebutuhan air harian Anda. Cara paling mudah adalah dengan mencatat kapan dan berapa lama pompa air berjalan setiap harinya ketika "Radar" Anda masih berfungsi. Alternatif lain adalah dengan mencoba-coba sambil melakukan evaluasi setiap harinya. Contohnya, saya menyalakan pompa setiap 3 jam dengan durasi 5 menit untuk mencukupi kebutuhan harian keluarga kami. 

Alternatif Pengganti Radar Pompa Air yang Rusak
Timer

Jangan khawatir, apabila Anda kehabisan air, Anda dapat memaksa pompa untuk berjalan dengan menekan salah satu tombol pada jenis timer digital (atau dengan membypass timer). 

Tempatkanlah timer di lokasi yang mudah dijangkau, sebisa mungkin di dalam ruangan; agar Anda tidak kesulitan untuk mengubah konfigurasinya dan menggantinya apabila perlu jika terjadi kerusakan. Hal ini akan jauh lebih mudah dan murah daripada harus naik ke atap rumah (atau memanggil tukang) setiap kali saklar otomatis Anda bermasalah.

Hati-hati dengan Arus Listrik!

Semoga artikel ini bermanfaat! Ingatlah selalu untuk berhati-hati ketika bekerja dengan arus listrik, karena beresiko tinggi dan dapat menyebabkan kematian. Apabila Anda belum berpengalaman atau tidak pernah bekerja dengan arus listrik, jangan ragu untuk meminta pertolongan dari ahlinya.  


(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

  1. Saya pakai pompa bukan otomatis.air di tampung di toren.tapi kenapa kok airnya yang biasa lancar tiba tiba kini tidak lancar? Keluarnya sedikit,padahal toren terisi penuh.kira kira babaimana saya memperbaiki torennya? Terimakasih sebelumnya untuk adminnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih mesin pendorong di toren anda untuk memperbesar aliran air dari toren ke kran air

      Hapus
  2. Masalah Anda ini tampaknya ada di saluran air keluar pada toren bukan pada saluran air masuk. Pompa untuk mengisi lazimnya berada pada saluran air masuk yang berada di bagian atas toren. Sementara saluran air keluar berada di bawah. Coba periksa apakah keran untuk saluran keluar air yang ditempatkan di bagian bawah toren tertutup. Biasanya ada dua buah keran di bagian bawah. Keran yang paling bawah digunakan untuk menguras toren, sementara keran yang berada sedikit di atasnya adalah untuk saluran keluar air dari toren.

    BalasHapus
  3. Saya di rumah pasang radar yang biasa tetapi kalau subuh sekitar jam 3 mesin air sering ngeplos di karenakan pelampung tidak berfungsi dengan baik.tapi kalau siang radar berfungsi dengan baik dan tidak pernah ngeplos.kira kira apa penyebab radar tidak berfungsi trmksh

    BalasHapus
  4. Mas sy pake mesin air merk shimizu,knp mesin air mati hidup selang wkt tdk sampai 5mnt.Toren penuh tp air keluar kecil.

    BalasHapus
  5. Mas sy pake mesin air merk shimizu,knp mesin air mati hidup selang wkt tdk sampai 5mnt.Toren penuh tp air keluar kecil.

    BalasHapus
  6. Mas sy dirmh pake mesin air shimizu,knp mesin air mati hidup selang wkt tdk sampai 5mnt.Toren penuh tp air keluar sedikit.Trmksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah pertama (mesin mati-hidup tidak sampai 5 menit), mungkin disebabkan karena jarak pemberat/pelampung terlalu dekat (baca artikel di atas). Untuk itu, coba diatur kembali jaraknya agar jeda mati-hidup lebih panjang. Pada prinsipnya, pompa akan menyala ketika kedua pemberat tidak terendam dan akan mati apabila kedua pemberat terendam.

      Untuk kasus kedua (toren penuh tapi air keluar sedikit), apabila hal ini tidak terjadi sebelumnya, boleh jadi saluran pipa air di rumah Anda sudah "kemasukan angin" karena terlalu lama kosong. Untuk membuang angin yg terjebak dalam pipa air, bukalah seluruh kran air dan biarkan air keluar dari seluruh kran di rumah Anda sampai udara yang terjebak keluar. Ketika udara yang terjebak keluar, biasanya diikuti dengan bunyi desisan selama beberapa saat dan diikuti dengan aliran air yang lebih deras.

      Hapus
  7. Nanya mas..kenapa saat saya colokkan kabel pompa air ke listrik,listeiknya jeglek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah selalu jegleg atau hanya di saat-saat tertentu saja ketika peralatan listrik di rumah banyak yang menyala? Kalau di saat-saat tertentu saja, boleh jadi penyebabnya adalah daya listrik di rumah Anda tidak cukup untuk menangani seluruh alat listrik yang menyala. Coba dikurangi beberapa alat listrik yang menyala seperti TV, AC, Setrika, dan lampu yang tidak digunakan. Kalau tetap jegleg juga, barangkali ada kabel yang korslet. Untuk itu, Anda mungkin perlu mencari bantuan teknisi yang dapat mencari dan memperbaiki kabel listrik yang korslet tsb.

      Hapus
  8. Otomatis sering lengket/gak fungsi padahal baru apa sebabx mas...tks

    BalasHapus
  9. Otomatis sering lengket/gak fungsi padahal baru apa sebabx mas...tks

    BalasHapus
  10. sy py mslh kelistirkan tdk berfungsi sedangka radar dah ganti baru
    gmn solusi y

    BalasHapus
  11. Sya mau nanya mas. Sya pasang mesin pendorong di rumah. Tpi pas kran di buka mesinnya tidak mau nyala. Kenapa ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek kelistrikannya Mas.. karena pada umumnya pompa pendorong akan otomatis bekerja apabila ada penurunan tekanan air di dalam pipa. Dengan demikian, cukup dengan membuka kran atau bahkan sedikit kebocoran di pipa, sudah cukup untuk membuat pompa berjalan.

      Hapus
  12. Sy pakai saklar otomatis merek radar, belum 1 bulan tp tdk berfungsi notmal lg, awal sih normal, tp jelang sekitar 2 minggu kemudian saklarnya tdk berfungsi normal, saklarnya nnt berfungsi klo penapungan airnya dipukul2

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dilihat posisi pelampung/pemberatnya ketika tangki hampir kosong. Apakah keduanya ada di atas air, atau salah satunya masih ada di dalam air. Seperti dijelaskan di atas, saklar hanya akan aktif (on) apabila kedua pemberat menggantung di atas air dan akan mati otomatis (off) apabila kedua pemberat tenggelam di air. Lamanya waktu mengisi (on menjadi off) ditentukan oleh lamanya waktu sejak pemberat pertama (yg lebih rendah) tenggelam sampai pemberat kedua (yg lebih tinggi) tenggelam. Jarak keduanya dapat diatur sendiri. Mudah-mudahan cukup membantu ya...

      Hapus
  13. Kenapa pada saat toren air saya penuh namun air tidak berhenti otomatis yang mengakibatkan air ngeplos terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila sebelumnya radar beroperasi normal dan kejadian ini baru berlangsung belakangan maka kemungkinannya sistem switch pada radar sudah rusak sehingga ketika kedua pelampung terangkat ke atas oleh air yang naik, switch tidak membuka (off). Solusi termudahnya adalah mengganti radarnya.

      Hapus
  14. Saklar otomatis(radar)baru, saat radar harusnya dalam posisi off tapi arus listrik langsung nyeberang masalahnya apa ya?
    Mohon pencerahan. Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi off radar adalah ketika kedua pelampung terendam air sehingga tidak memberi beban pada saklar. Sebaliknya ketika talinya ditarik dengan tangan, maka saklar akan menutup sehingga saklar akan berubah ke posisi on.

      Apabila hal itu tidak terjadi, coba cek apakah pemasangan kabel listriknya sudah benar? Pada prinspnya switch hanya memutus/menyambung satu jalur kabel saja dari dua kabel listrik yg terhubung ke jaringan listrik. Dengan demikian, satu kabel lainnya tetap terhubung ke jaringan listrik.

      Kabel yg diputus/sambung oleh switch adalah kabel dengan fasa positif. Untuk memastikannya, coba gunakan test pen. Kabel dengan fasa positif akan membuat testpen menyala, sementara kabel netral tidak akan membuat testpen menyala.

      Memutus/sambung kabel netral boleh jadi bisa mematikan/menghidupkan perangkat - tetapi dalam beberapa kasus perangkat tetap menyala karena fase positif dari kabel mencari jalur netral lewat perangkat listrik lainnya di rumah Anda.

      Hapus
  15. Saat air sdh habis di toren, radar otomatis tdk mau menyala

    BalasHapus
  16. Tanya gan, pompa shimizu tidak bisa nyala, mengisi toren pada posisi saklar otomatis kondisi Radar, bagus, normal
    Pompa menyala pada posisi manual(tidak pake otomatis)

    BalasHapus
  17. Mas,saya py radar di tandon td nya bekerja dgn baik kemaren gk mau bekerja dgn baik airnya meluber padahal kedua pelampung sdh terngkt saya sdh beli tafar yg baru pun sama kedua pelampung sdh terangkat tp tidak mau jeglek akhirnya meluber juga gmn cr mengatasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek perkabelannya Mas, barangkali belum tepat. Fungsi dari radar adalah sebagai saklar, jadi harus memutus kabel listrik dari PLN menuju pompa.

      Hapus
  18. Saya pake pelampung merk radar, awalnya berfungsi baik tp skrg engga, air udah hbs tapi mesin tdk nyala. pas sy cek, baru buka tutup toren udah nyala lg, begitu terus. Kira2 apa yg salah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin pompa akan berjalan apabila kedua pelampung tidak terendam air. Kemugkinan besar, ketika Anda membuka tutup toren, kedua pelampung terangkat dari air sehingga cukup berat untuk mengaktifkan saklar dan menghidupkan pompa. Sementara ketika tutup toren masih menutup, kedua pelampung atau salah satu pelampung masih terendam air. Coba setel pelampung agar kedua pelampung lebih tinggi dari permukaan air pada ketinggian air minimum yang diinginkan.

      Hapus
  19. Saya pernah pakai alat kontrol berbasis pelampung , switch otomatis tidak konsisten , bisa jadi karatan dll, akhirnya sy ganti dg kontrol pakai relay elektronik. Stabil sdh 2 tahun nggak bikin kesel..lancar jaya, harga 100rb an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih infonya Mas, mungkin bisa jadi referensi juga buat yg lain.

      Hapus
  20. Punya masalah dengan radar pompa air atau ingin berbagi pengalaman memperbaiki radar pompa air? Tanyakan/bagikan pengalaman Anda di sini!

    BalasHapus
  21. Mas sya mau nanya,alat otomatis torran sya tidak berfungsi pdhal sudah di ganti baru sampai air torran y tumpah"..itu kenapa ya otomatis torrannya tdk berfungsi..??

    BalasHapus
  22. Sejak di ganti saklar cetak cetek mesin pompa otomatis saya tidak pernah hidup lagi kenapa ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Rekomendasi