Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Alat Cek Kesehatan 3-in-1: Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat

Apabila sudah memasuki usia di atas 40 tahun, mengidap penyakit tertentu, atau hanya sekedar ingin melakukan pengecekan kesehatan secara mandiri tanpa repot-repot pergi ke klinik; maka alat cek kesehatan 3-in-1 dari Autocheck dapat menjadi salah satu pilihan.

Autocheck 3-in-1
Autocheck 3-in-1

Anda tidak perlu memiliki tiga alat yang berbeda untuk mengukur gula darah (glucose), kolesterol, maupun asam urat (uric acid). Sebagai gantinya, Anda hanya perlu memiliki satu alat yang berukuran cukup kompak dan ringan ini untuk mengukur ketiga parameter kesehatan yang cukup penting untuk selalu dipantau secara berkala, terutama apabila Anda sudah memasuki usia 40 tahun ke atas atau mengidap penyakit tertentu. 

Autocheck 3-in-1

Alat ini banyak dijual di toko-toko online dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp 200-300 ribu rupiah. Dalam kemasan Autocheck 3-in-1, Anda dapat menemukan beberapa alat berikut: 
  • perangkat Autocheck 3-in-1,
  • alat untuk menusuk (lancet),
  • jarum lancet (10 buah)
  • strip untuk mengukur gula darah (10 buah), 
  • strip untuk mengukur kolesterol (5 buah), 
  • strip untuk mengukur asam urat (10 buah), 
  • dompet penyimpanan.
Jumlah jarum dan strip yang disediakan bisa saja berbeda bergantung pada kebijakan pabrikan maupun penjual. Tanyakan pada penjual mengenai kelengkapan yang diperoleh ketika Anda membeli peralatan tersebut. Apabila kelak sudah habis, jarum dan strip untuk pengukuran dapat dibeli terpisah. Tanyakan pada penjual tipe strip yang kompatibel dengan alat Autocheck 3-in-1 yang Anda miliki.

Pastikan juga apakah penjual sudah menyediakan battery untuk alat Autocheck 3-in-1 atau harus dibeli terpisah. Tipe battery yang digunakan alat ini adalah battery berbentuk kancing dengan tegangan 3V tipe CR2032. Selain battery, ada baiknya juga Anda membeli tisu alkohol swab agar lebih praktis ketika membersihkan jari sebelum ditusuk oleh lancet dan sesudah pengukuran dilakukan tanpa perlu repot-repot membuka botol alkohol dan tempat kapas.

Strip untuk Pengukuran

Untuk dapat melakukan pengukuran, alat Autocheck 3-in-1 memerlukan strip yang akan berperang sebagai sensor untuk mengukur kandungan zat yang akan diukur dalam darah. Strip ini hanya dapat digunakan satu kali dan tidak dapat dipakai ulang. Autocheck dapat mendeteksi apakah strip yang dipasang pada alat telah digunakan sebelumnya atau masih baru. 

Autostrip untuk Pengukuran Kolesterol
Strip untuk Pengukuran Kolesterol


Strip memiliki batas kadaluwarsa yang tertera di luar botol (dalam ilustrasi di atas tertera 2016/04 yaitu bulan April 2016). Selain itu, tutup botol rapat-rapat segera setelah Anda mengambil strip yang akan digunakan. Strip sebaiknya diletakkan di tempat teduh pada suhu ruangan, jangan meletakannya di dalam kulkas. Gunakan seluruh strip dalam waktu maksimal tiga (3) bulan sejak botol dibuka. 

Strip yang sudah kadaluwarsa atau terlalu lama tidak digunakan setelah botol dibuka akan memberikan hasil pengukuran yang tidak akurat. Hasil pengukuran yang tidak akurat akan memberikan sinyal yang salah pada kondisi kesehatan tubuh Anda, sehingga dapat saja menunda langkah-langkah medis atau non-medis yang diperlukan untuk memperbaikinya.

Dalam botol kemasan strip kolesterol dan asam urat, selain strip pengukuran, Anda akan menggunakan code strip yang fungsinya memberitahu alat ukur tentang pengukuran dan strip mana yang akan digunakan. Pastikan untuk tidak membuang code strip ini sampai seluruh strip habis digunakan. Autocheck 3-in-1 dapat mendeteksi secara otomatis strip gula darah (glucose) yang dipasang sehingga tidak memerlukan code strip khusus. Anda tidak akan menemukan code strip dalam kemasan strip gula darah.  

Tata Cara Pengukuran secara Umum

Petunjuk terperinci untuk pengukuran dapat dilihat di bagian luar kotak. Petunjuk disediakan dalam dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan Indonesia. Pastikan untuk membaca petunjuk yang tertera dalam kemasan atau buku panduan sebelum melakukan pengetesan dan bukan berpatokan pada blog atau website karena sangat mungkin petunjuknya sudah berubah.

Sebaiknya Anda meminta tolong rekan atau anggota keluarga lain untuk melakukan pengukuran, agar apabila ada situasi kedaruratan sesudah pengambilan sampel darah (misalnya perdarahan yang sulit berhenti), Anda dapat segera memperoleh pertolongan pertama dan lanjutan. Selain itu, bantuan dari orang lain sangat diperlukan apabila Anda sering ketakutan (fobia) ketika melihat darah.

Secara umum, pengukuran dilakukan mengikuti langkah-langkah berikut. 
  • Pasangkan jarum pada alat tusuk (lancet) dan tentukan ukuran kedalaman penusukan yang dikehendaki. Pada beberapa alat, ukuran kedalaman penusukan dinyatakan dengan angka 1-5, dengan angka 5 untuk tusukan yang paling dalam. Pada kulit jari tangan yang tidak terlalu tebal ukuran 3 sudah cukup untuk memberikan volume darah yang diperlukan untuk ketiga pengukuran (gula darah, kolesterol, maupun asam urat).
  • Buka botol kemasan strip dan keluarkan code strip dan satu buah strip untuk pengukuran asam urat atau kolesterol. Pasang code strip tersebut pada alat. Selanjutnya, alat akan menyala otomatis dan mendeteksi nomor strip yang dipasang. Cabut code strip dari alat dan gantikan dengan strip pengukuran yang sesuai. Dalam tahap ini, apabila Anda salah memasukkan strip (baik tipe maupun code-nya, alat akan menolak strip tersebut. Pastikan gunakan strip yang sesuai karena pengukuran tidak akan dapat dilakukan dalam kondisi tersebut.
  • Untuk strip pengukuran gula darah, Anda dapat melewatkan langkah untuk memasukkan code strip. Langsung pasang strip pada alat, Autocheck 3-in-1 akan mendeteksi strip tersebut secara otomatis.
  • Bersihkan jari tangan yang akan ditusuk dengan alkohol. Anda bebas menggunakan jari tangan mana saja. Walaupun begitu, biasanya jari tangan yang dipilih adalah jari yang tidak terlalu sering digunakan (misalnya jari tengah atau jari manis tangan kiri). Bekas tusukan biasanya akan langsung sembuh tetapi meninggalkan sedikit nyeri. Apabila Anda sering beraktivitas dengan jari tersebut, barangkali bekas luka tusukan tersebut akan cukup mengganggu.
  • Pastikan alat Autocheck masih hidup sebelum menusuk jari Anda. Apabila ada jeda terlalu lama, Autocheck akan mati secara otomatis. Untuk mengaktifkan lagi, cabut sensor dan pasang ulang. 
  • Tusuk jari Anda tanpa ragu-ragu. Tusukan yang ragu-ragu seringkali harus diulang dan malah menjadi lebih menyakitkan. Tekan luka bekas tusukan untuk mengeluarkan darah. Untuk pengukuran gula darah dibutuhkan 0.5 micro liter, kolesterol 0.8 micro liter, dan asam urat 1 micro liter sampel darah. Karena Anda tidak mungkin mengukur jumlah sampel darah yang diperlukan, secara umum 2-3 kali tekanan pada bekas tusukan sudah memadai untuk pengukuran asam urat sekalipun yang memerlukan sampel terbanyak (1 micro liter). Apabila darah anda cukup kental, beberapa tekanan pada bekas luka mungkin masih diperlukan untuk memberikan sampel yang memadai.
  • Jika darah sulit keluar atau tidak keluar, barangkali luka tusukan masih kurang dalam. Anda harus mengatur ulang tingkat kedalaman pada alat lancet sebelum mengambil sampel darah berikutnya. Dalam kasus ini, jangan tempelkan dulu sampel darah yang terlalu sedikit pada strip karena strip akan dianggap sudah terpakai walaupun hasil pengukuran mengalami kegagalan. Ulangi lagi penusukan lancet pada jari lainnya dan pastikan jumlah sampel darah yang diperlukan mencukupi sebelum ditempelkan pada ujung strip.
  • Segera setelah strip menerima darah yang diperlukan, Autocheck akan berbunyi dan memulai pengukuran. Untuk pengukuran gula darah, Autocheck memerlukan waktu 5 detik, sementara asam urat memerlukan 15 detik, dan kolesterol sekitar 26 detik.
  • Catat tanggal, jam, dan hasil pengukuran agar Anda dapat membandingkan hasil pengukuran tersebut di masa mendatang. 

Akurasi Pengukuran

Akurasi Autocheck 3-in-1 tentunya tidak dapat dibandingkan dengan akurasi pemeriksaan di laboratorium medis. Biasanya, Anda direkomendasikan untuk mengantisipasi setidaknya 10% kemungkinan kesalahan (bisa lebih tinggi maupun lebih rendah) dibandingkan hasil pemeriksaan laboratorium medis.

Amatlah penting untuk membuat suatu catatan riwayat pengukuran agar Anda dapat melihat trend hasil pengukuran dalam beberapa waktu terakhir. Apabila ada indikasi ketidaknormalan hasil pengukuran, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan langkah-langkah medis lanjutan yang diperlukan untuk memperbaikinya. Alat ini bukan untuk menggantikan peralatan laboratorium yang lebih canggih, tetapi membantu Anda untuk mendeteksi secara dini gangguan kesehatan yang sedang terjadi pada tubuh. Hindari untuk membuat kesimpulan dan langkah-langkah sendiri untuk memperbaiki gangguan kesehatan pada diri Anda tanpa bantuan tenaga medis yang kompeten.

Setelah melakukan pengukuran beberapa kali, Anda mungkin akan menjumpai bahwa hasil pengukuran ditentukan juga oleh waktu dan aktivitas sebelum pengukuran tersebut dilakukan. Sebagai contoh, pengukuran beberapa saat sesudah makan akan memberikan hasil yang berbeda sesudah Anda puasa. Dengan demikian, agar riwayat pengukuran yang dapat diamati trend-nya, upayakan untuk melakukan pengukuran pada waktu dan sesudah aktivitas yang sama atau sesuai petunjuk dokter.

Semoga bermanfaat!

(Sekian) 

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi