Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Apakah itu Growth Mindset?


Apakah itu Growth Mindset
Growth Mindset
(sumber: freepik)

Anda mungkin sering mendengar istilah growth mindset. Kabarnya barangsiapa memiliki mindset ini akan memiliki karir yang sukses. Apakah benar demikian? Seajaib apa mindset ini sehingga karir kita dapat ditentukan olehnya?

Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia misalnya dengan Google Translate, maka growth mindset diterjemahkan sebagai "pola pikir yang berkembang". Apakah itu "pola pikir yang berkembang" hingga karir kita bergantung padanya? 

Growth Mindset alias Pola Pikir yang Berkembang 

Bagaimana Anda menghadapi masalah dan kegagalan dalam hidup Anda? Cobalah ingat satu atau beberapa masalah atau kegagalan besar yang Anda alami baru-baru ini misalnya dalam pekerjaan atau studi. Bagaimana Anda menghadapinya? Apakah Anda mau mencoba atau mencari jalan lain untuk mengatasi atau memperbaikinya? 

Bagaimana kalau masalah atau kegagalan itu terjadi beberapa kali? Apakah anda lantas berkata bahwa Anda memang tidak berbakat dalam hal itu dan harus mencari pekerjaan baru atau mencari cara-cara yang kurang terpuji untuk memperoleh nilai yang baik dalam studi? 

Apakah Anda pernah menantang diri sendiri untuk mempelajari hal atau ketrampilan baru, misalnya belajar mengemudi, memainkan alat musik, melukis, membuat kerajinan tangan, dll? 

Apakah Anda pernah menantang diri sendiri untuk mencoba berkomunikasi dengan rekan kerja/studi yang tidak menyenangkan? Pernahkah Anda mencoba menantang diri sendiri untuk bekerja sama, berdiskusi, atau sekedar meminta pendapat dari orang-orang yang dianggap tidak menyenangkan? 

Dengan pola pikir yang berkembang alias growth mindset, Anda akan selalu memposisikan diri untuk mengatasi setiap masalah/kegagalan, menghadapi hal/ketrampilan baru, dan menantang diri sendiri untuk menerima tantangan baru.

Orang-orang dengan growth mindset percaya bahwa bakat, ketrampilan, dan kepandaian seseorang adalah sesuatu yang dapat diubah dan diperbaiki. Orang-orang ini percaya bahwa dengan meluangkan lebih banyak waktu untuk belajar dan menantang diri sendiri, mereka akan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. 

Mengapa Orang dengan Growth Mindset dapat Memiliki Karir yang Baik? 

Sebaiknya Anda jangan pernah berpikir bahwa growth mindset hanya satu-satunya modal berkarir dengan baik. Sebaliknya, orang yang berpikir growth mindset adalah sebuah mindset ajaib untuk meningkatkan karir seringkali sesungguhnya memiliki fixed mindset - alias pola pikir yang tidak berkembang. 

Orang dengan growth mindset akan selalu belajar dari lingkungannya. "Belajar" di sini bukan melulu belajar ilmu pengetahuan seperti matematika, tetapi juga belajar untuk bertindak dan beraktivitas berdasarkan hasil observasi terhadap lingkungan dan sesamanya. 

Karyawan junior yang langsung melejit karirnya di suatu perusahaan sering dipandang sebagai penjilat yang tidak memiliki kemampuan mumpuni dibandingkan senior-seniornya. Senior-seniornya akan menganggap orang tersebut hanya beruntung saja dan kelak pasti akan ketemu batunya. 

Orang dengan growth mindset justru akan menantang diri untuk berinteraksi lebih jauh dengan sang junior, bekerjasama, dan tanpa canggung-canggung berguru pada mereka. Orang seperti ini percaya bahwa ada cara bekerja yang mungkin lebih baik yang barangkali belum diketahui - ketimbang hanya mencemooh sang junior sebagai penjilat. 

Orang dengan growth mindset mampu untuk menerima perubahan-perubahan baru yang membawa ke cara kerja yang lebih baik dan efisien. Orang ini percaya bahwa dengan kemajuan teknologi dan peradaban akan selalu ditemukan cara kerja yang lebih baik. 

Dengan demikian, orang-orang dengan growth mindset akan mampu menjadi motor perubahan bagi perusahaan ke arah yang lebih baik? Cukup jelas bukan hubungan antara growth mindset dengan karir yang akan membaik? 

Orang dengan growth mindset akan terbiasa berpikir positif. Kebiasaan ini akan menjadi energi positif untuk tim dan perusahaan. Pernahkan Anda bekerja dengan orang-orang yang menggerutu atau mengeluh dan memandang segala sesuatu secara negatif? Apakah Anda bisa dengan mudah berpikiran positif di lingkungan seperti itu? Anda perlu lingkungan yang positif untuk menjadi orang yang positif!

Sebagai bonus, orang dengan pikiran positif biasanya akan memiliki raut muka yang lebih ceria dan badan yang lebih sehat. Wajah yang ceria dan badan yang sehat tentunya sangat bermanfaat untuk menunjang aktivitas dan relasi Anda sehingga karierpun ikut terbantu!

Selanjutnya Apa?

Cobalah untuk melihat lagi masalah-masalah apa yang belum teratasi akibat Anda menyerah karena merasa tidak berbakat. Cobalah untuk melihat-lihat isi gudang, barangkali ada alat musik yang terlanjur dibeli tetapi batal dipelajari karena Anda kesulitan membaca chord atau not balok. Tantanglah diri Anda untuk mencoba lagi dan mengukur seberapa jauh perkembangan Anda dari hari ke hari. Apabila belajar main gitar adalah salah satu tantangan untuk diri sendiri, cobalah untuk menentukan target untuk jumlah chord yang berhasil dihafalkan atau jumlah lagu yang berhasil dimainkan. 

Sesudah berusaha keras untuk menantang diri sendiri, cobalah untuk mengukur seberapa jauh Anda berkembang dan jangan ragu untuk merayakannya. Tanpa mengukur dan merayakan, Anda akan bosan untuk mempelajari hal baru. Kalau bukan Anda sendiri, siapa yang akan mengapresiasi usaha Anda? 

Mudah-mudahan dengan membiasakan menantang diri sendiri untuk mencoba yang baru, growth mindset akan terbentuk dalam diri Anda begitu juga kebiasan berpikirpositif. Ingatlah bahwa growth mindset dapat dipelajari dan tidak ada waktu terlambat untuk mempelajari dan mengaplikasikannya. Untuk mempelajari growth mindset, Anda harus percaya bahwa mindset ini berguna bukan hanya untuk karir, tetapi juga untuk kehidupan, kesehatan Anda, dan berdampak positif pada orang-orang di sekitar Anda. Semoga bermanfaat!

Sumber:

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

  1. People with a growth mindset believe that by putting up effort and taking action, they may increase their intelligence and talents. I read your article from start to finish and was quite impressed with your blog. Basically I work in the web design jack and provide animated explainer video services. Thank you for sharing this fantastic article.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Jack for visiting our blog, feel free to advertise your product here.

      Hapus

Posting Komentar

Rekomendasi